Pasific Pos.com
Info Papua

Pemprov Papua akan Deklarasi Penyelamatan SDA

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua akan memperkuat pengawasan pengelolaan sumber daya alam (SDA), agar kekayaan alamnya tak sampai habis.

Untuk mewujudkan itu, akan dilakukan deklarasi penyelamatan SDA. Deklarasi ini akan melibatkan Forkompinda Papua, bupati dan walikota serta seluruh elemen terkait yang semuanya diharapkan sepakat memperkuat pengawasan dan penyelamatan SDA bumi Papua.

Hal itu disampaikan Koordinator Sumber Daya Alam KPK, Dian Patria, pada monitoring dan evaluasi sumber daya alam Papua, yang dihadiri instansi terkait di provinsi maupun kabupaten/kota, Selasa (27/2), di Gedung Sasana Karya Kantor Gubernur Dok II, Jayapura.

Dengan kegiatan deklarasi itu, penegakkan hukum terhadap penyalahgunaan SDA, dapat lebih maksimal. Dimana, Pemda Papua harus memperkuat pengawasan melalui upaya penegakkan hukum yang maksimal, guna mengendalikan SDA yang ada.

Sementara berkaitan dengan kegiatan Monev, dia berharap instansi dan pemerintah daerah terkait dapat membicarakan masalah yang ada ke dalam forum untuk diketahui dan dicarikan solusi terbaik.

“Karena kita berharap jangan sampai nanti untuk SDA ini baik pemprov maupun kabupaten dan kota salah urus untuk pengelolaan kawasan hutan maupun kelautan yang ada. Belum lagi tantangan lain yang perlu diperangi seperti adanya temuan ilegal maining, loging maupun fishing,” tandasnya.