Pasific Pos.com
Info Papua

Pemprov Komitmen Tingkatkan SDM Aparatur Papua

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perencanaan Pengembangan Kompetisi Dasar Aparatur di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rabu (2/10/2019).

Bimtek ini dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia, Any Rumbiak mewakili Gubernur Papua Lukas Enembe, diikuti peserta dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Provinsi Papua.

Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam sambutannya, mengatakan bahwa kegiatan Bintek ini adalah merupakan kegiatan strategis dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparatur Papua, dengan tersedianya dokumen perencanaan yang memuat rencana diklat bagi setiap PNS guna pengembangan karier personal dan dibiayai oleh instansinya.

Hal ini sejalan dengan visi pemerintahan kami untuk periode 2018-2023 yaitu Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera yang berkeadilan. dimana pada misi pertama yakni memantapkan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Papua.

“Kebijakan ini perlu dilakukan karena beban kerja untuk membangun Papua yang sangat luas dan penuh dengan tantangan dari sisi geografis, politis, ekonomi dan sosial budaya, sehingga memerelukan SDM Aparatur yang kompeten di segala bidang,” ujarnya.

Dikatakan, misi pemerintahan yang juga berkaitan dengan tema kegiatan ini yaitu penguatan tata kelola pemerintahan. misi ini menjadi penting karena tanpa tata kelola pemerintahan yang kuat dan bersih serta aparatur birokrat yang kompeten dan melayani dengan tidak sungguh-sungguh-sungguh, maka visi dan misi pembangunan Papua sulit tercapai.

“Sasaran utama dari kebijakan ini adalah terwujudnya peningkatan kapasitas dan kompetensi setiap PNS sesuai dengan tugas dan fungsinya,” ujarnya lagi.

Masih menurutnya, Dokumen Rencana Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur sebagai hasil dari kegiatan ini adalah alat untuk menentukan porsi pendidikan dan pelatihan yang harus diberikan kepada setia PNS dalam sebuah instansi secara proporsional. Dimana, Perencanaan ini disusun dengan jangka waktu selama lima tahun dan dengan pelaksanaan terhadap setiap tahun guna menyesuaikan dengan penganggaran dalam setiap SKPD.

Oleh karena itu, lewat pelaksanaan Bintek ini saya harapkan adanya komitmen setiap pimpinan SKPD untuk merumuskan perencanaan pengembangan kompetensi SDM aparatur bagi setiap PNS dalam instansinya masing-masing dan dilaksanakan dengan konsekuen.