Pasific Pos.com
Papua Barat

Pemprov akan Siapkan Dana untuk Keluarga Pasien BPJS yang Dirujuk ke Luar Daerah

Manokwari, TP – Pemerintah Provinsi Papua Barat dan pemerintah kabupaten/kota di Papua Barat akan menyiapkan dana untuk membiayai keluarga pasien BPJS Kesehatan jika dirujuk ke luar daerah. Hal itu dilakukan karena sejauh ini hanya pasien saja yang dijamin oleh BPJS Kesehatan.

Hal itu disampaikan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, ketika membuka Rapat Koordinasi Bidang Organisasi Kabupaten/Kota se-Papua Barat di Valdos  Hotel, Manokwari, Kamis (5/7).

Menurut Mandacan, Pemprov Papua Barat sudah memberikan petunjuk kepada dinas kesehatan untuk menindaklanjuti persiapan dana tersebut ke semua kabupaten/kota.

“Persiapan dana dimaksudkan karena pasien memang sudah dijaminkan, tetapi ketika dirujuk ke luar daerah, misalnya ke Makassar atau ke Jakarta, maka pasti ada keluarga yang ikut. Dana itulah yang nantinya dipakai untuk membiayai keluarga yang ikut mengantar dan menjaga pasien yang dirujuk ke luar daerah,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, harus ada dana yang disiapkan. Program tersebut harus dirancang sedemikian rupa, sehingga ketika ada masyarakat yang sakit dan ada keluarga yang mengantarnya, maka ada biaya transportasi dan akomodasi.

“Makanya kita pikirkan harus ada dana yang kita siapkan, kita akan rancang program itu sehingga ketika ada yang sakit dan ada keluarga yang antar, kita siapkan biaya transportasi dan akomodasi,” ujarnya.

Dia mengemukakan, dalam bidang kesehatan Pemprov Papua Barat dan semua kabupaten/kota mempunya komitmen untuk membiayai semua masyarakatnya melalui program JKN atau BPJS Kesehatan.

Atas pelaksanaan kebijakan itu, menurutnya,  Pemprov Papua Barat dan semua pemerintah/kota di Papua Barat mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.

“Kita sudah mendapatkan penghargaan dari Presiden pada 23 Mei lalu di Istana Presiden. Pada kesempatan itu ada empat gubernur yang menerima penghargaan itu yang sudah menjaminkan semua penduduk di provinsinya dan sudah di atas 95 persen yang dijaminkan. Waktu itu ada juga para bupati dan wali kota dari Papua Barat yang ikut menerima penghargaan itu. Jadi ini keberhasilan yang telah kita capai dan harap mari tetap menjaga keberhasilan ini,” ajaknya.[CR44-R3]