Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Pemkot Jayapura Tutup 18 Kios di Pasar Hamadi, Ini Penyebabnya

Jayapura– Pemerintah Kota (Pmkot) Jayapura melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Jayapura terpaksa menutup 18 kios di Pasar Hamadi.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert Awi mengatakan, penutupan secara paksa atau penyegelan dilakukan lantaran kios-kios tersebut belum menyelesaikan kewajibannya berupa pembayaran retribusi sejak tahun 2018.

“Jadi 15 kios yang kami tutup ini karena belum membayar retribusi tahun 2018, sementara 3 kios lainnya kami ambil alih untuk diserahkan kepada pemilik yang sah, karena meskipun telah berubah kepemilikan tetapi pemilik sebelumnya masih menggunakan untuk berdagang,” jelas Robert Awi saat mendampingi Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru melakukan penutupan kios di Pasar Hamadi, Kamis (3/10/2019).

Sebelum melakukan penutupan belasan kios tersebut, pihaknya telah menyurati para pedagang yang belum melakukan pembayaran retribusi hingga tiga kali sebelum eksekusi dilakukan.

“Yang 15 kios ini akan diserahkan kembali ke Pemkot Jayapura, pedagang yang menggunakan kios-kios tersebut telah menyampaikan kepada kami. Ini juga masih ada 14 kios yang masuk dalam daftar cadangan,” ujar Robert. (Syahriah)