Pasific Pos.com
Papua Barat

Pemkab Manokwari Gandeng Amerika Cegah Kekerasan Berbasis Gender

Manokwari, TP – Guna mencegah meningkatnya kekerasan berbasis gendre, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari menggandeng Amerika Serikat, melalui organisasinya United States Agency for International  Development (USAID).

Pertemuan antara kedua belah pihak tersebut, berlangsung di ruang kerja Sekda Manokwari, Selasa (10/7), dengan melibatkan OPD teknis seperti Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak serta Keluarga Berencana (DP3KB) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Manokwari.

Government Liason Advisor USAID, Desti Murdijana, mengatakan program kerjasama tersebut merupakan program bantuan kepada pemerintah indonesia lebih khusus ke Pemkab Manokwari.

Ia menjelaskan, dalam hal ini, program kerjasamanya melibatkan dua OPD teknis yakni Bappeda dan DP3KB Kabupaten Manokwari,

“Kerjasama ini untuk mencegah terjadinya kekerasan berbasis gendre. Cukup panjang kerjasama ini, sampai tahun 2021,” katanya kepada wartawan usai pertemuan di kantor bupati, kemarin.

Diungkapkannya, untuk projek kerjasama ini, fokusnya pencegahan ke tingkat bawah yakni ke kampung-kampung, dimana tahun ini ada 4 kampung yang menjadi projek, yakni 3 kampung di dataran Prafi dan 1 kampung di distrik Manokwari Barat.

“Kita juga akan kerjasama dengan teman-teman LSM untuk bekerja di 4 kampung. Teman-teman LSM ini, nanti mendampingi kampung yang sudah ditunjuk untuk pencegahan kekerasan berbasis gander,” ungkapnya.

Kepala Bidang Perlndungan Perempuan dan Ana DP3KB Kabupaten Manokwari, Rika Rumbrawer menyambut baik kerjasama tersebut. Dirinya berharap dengan adanya kerjasama ini, dapat menekan angka kekerasan berbasis gender. [SDR]