Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Pemkab Jayapura Habiskan Rp 139 Milyar Lebih Bangun Stadion Bas Youwe dan GOR HMS

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, saat menandatangani prasasti peresmian Stadion Barnabas Youwe pasca renovasi, Rabu (10/3/2021) sore. Di saksikan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal

JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten Jayapura telah menyelesaikan renovasi stadion Barnabas Youwe dan Gedung Olahraga (GOR) Habel Melkias Suwae yang dulunya bernama GOR Toware.

Kedua venue olahraga yang dibangun oleh mantan Bupati Jayapura dua periode Habel Melkias Suwae. Kemudian untuk kepentingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Pemkab Jayapura kembali melakukan renovasi kedua venue tersebut pada tahun 2019 lalu, dan kini telah rampung 100 persen.

Bertepatan dengan HUT Kota Sentani, sebagai Ibukota Kabupaten Jayapura ke-21 dan perayaan HUT mantan Bupati Jayapura periode 1991-2001, Ir. Yan Pieter Karafir, M.Sc, ke-75 tahun, serta pencanangan GOR TOWARE menjadi GOR Habel Melkias Suwae (HMS), Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, meresmikan Stadion Barnabas Youwe pada Rabu (10/3/2021) sore, disaksikan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal.

Kepala Dinas Perumahan, Pertanahan, dan Kawasan Permukiman Kabupaten Jayapura, Terry Ayomi menyebutkan, anggaran pembangunan stadion Bas Youwe menghabiskan anggaran sebesar Rp 91 Milliar lebih.

Dirincikannya, pekerjaan stadion Bas Youwe dilakukan secara bertahap yang dimulai pada tahun 2005-2011 kemudian dilanjutkan ditahun 2013, lanjut lagi ditahun 2019-2020.

“Sumber anggaran berasal dari APBD Pemkab Jayapura,” katanya kepada pers usai peresmian stadion SBY dan melauncing penamaan Gor Toware menjad Gor Gelora HMS, Rabu (10/3/2021).

Untuk kapasitas stadion, Terry mengaku bisa menampung sekitar empat ribu orang. Dan stadion ini salah satu pendukung perhelatan PON XX pada bulan Oktober mendatang,” ujarnya.

Dikatakan, renovasi stadion Bas Youwe mulai dari perbaikan atap tribun sebelah barat dan pembangunan tribun baru sebelah timur bahkan lampu juga diperbaiki sesuai standar Internasional.

“Pencahayaan lampu stadion 1.600 Lux dan itu telah memenuhi standar. Sementara untuk sarana lainnya seperti, kursi, sound dan lainnya masih harus dilengkapi tetapi karena keterbatasan anggaran hal itu belum bisa dilakukan. Makanya, kami telah mengajukan bantuan kepada PB PON Papua,” katanya.

Sementara untuk GOR Gelora HMS, Ia mengungkapkan, biayai renovasi menelan biayai Rp 48 Milliar lebih dengan pekerjaan dilakukan secara bertahap.

Dimana, pekerjaan tahap pertama mulai ditahun 2007-2011 kemudian dilanjutkan ditahun 2019-2020 sekaligus penyelesaian. Anggarannya pun berasal dari APBD Kabupaten Jayapura.

“Jadi pembangunan dua venue ini untuk mendukung PON. Kami harapkan kekurangan fasilitas di kedua venue ini bisa dibantu oleh PB PON,” ujarnya.

Untuk kapasitas penonton di GOR HMS, kata Terry, bisa menampung penonton sebanyak seribu lima ratus orang, bahkan untuk pertandingan voli bisa dijadikan dua lapangan,” paparnya.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dalam arahanya pada peresmian stadion Bas Youwe menyampaikan syukur kepada Tuhan, karena bisa menyelesaikan dua sarana olahraga yang besar untuk persiapan PON XX tahun 2021.

“PON 2021 tetap akan dilaksanakan, karena itu kita semua khususnya warga Kabupaten Jayapura sebagai tuan rumah harus ikut bertanggungjawab untuk mensosialisasikan, untuk menjaga kota ini, untuk menerima semua orang yang akan datang kesini dengan sikap dan perilaku yang baik. Kalau bisa jangan ada orang mabuk lagi di kota ini, jikalau kita sayang dan cinta serta ingin sekali kota ini menjadi kota yang baik, maka itu marilah kita jaga kota ini,” paparnya.

Katanya, sebagai tuan rumah PON XX, kita harus menjadi tuan rumah yang baik, agar semua orang bisa merasakan kedamaian di tengah-tengah kota ini.

Artikel Terkait

Keinginan Sopir Depapre Terwujud, Kapolres: Harapan Kami Ada Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat

Jems

Gelar Musker V, LPTQ Kabupaten Jayapura Rekrut Kepengurusan dan Susun Program Baru

Jems

Perusahaan di Kabupaten Jayapura Wajib Bayar THR Karyawan, Esau: Paling lambat H-7 Natal

Jems

Sekretaris DAS Moi Minta Mendagri Tidak Melanjutkan Kepemimpinan Triwarno Purnomo

Jems

Ikuti Diklat Kepamongprajaan, Jhon Wicklif: Kepala Distrik Harus Dapat Memberikan Manfaat Bagi Masyarakat

Jems

Tegas, DPRD Akan Sampaikan Mosi Tidak Percaya ke Pj Bupati Jayapura

Jems

Fraksi Nasdem: Pj Bupati Harus Menseriusi Surat Pergantian Ketua DPRD

Jems

Ikuti Diksar selama 12 Hari, 41 Peserta Pelatihan Satpam di Sentani Siap Terjun ke Dunia Kerja

Jems

Bupati Triwarno Perintahkan Satpol PP Berkoordinasi dengan Bawaslu

Jems