Pasific Pos.com
Papua Barat

Pemilik Hak Ulayat setujui Normalisasi Kali Bina Desa

Bintuni, TP- Sekretaris Dinas Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Teluk Bintuni Benni Tiri, SH menyatakan, pemilik hak ulayat serta warga masyarakat lainnya di kompleks Bina Desa Kampung Tobe Sterira Bintuni telah menyetujui dilakukannya normalisasi kali Sihigemaka.

Pasalnya, pasca-musibah banjir lalu, alat berat yang dikerahkan Dinas PUPR dihalangi warga bahkan lokasi itu dipalang pemilik hak ulayat.

“Setelah dilakukan pembicaraan dengan warga masyarakat pemilik hak ulayat termasuk ganti rugi tanaman yang akan dilewati alat berat, dan keterlibatan mereka dalam pekerjaan normalisasi kali, maka sudah disetujui.

Dan ini ada berita acara yang sudah ditandatangani mereka. Diantaranya Bapak Ofni Yettu dan Bapak Martinus Tiri selaku kepala kampung,” ujar Benoni Tiri kepada Tabura Pos, Sabtu (4/3) saat ditemui di Bina Desa Bintuni.

Bononi Tiri menyebutkan bahwa dengan adanya persetujuan tersebut, maka akan dilakukan normalisasi kali tersebut, sehingga bila musim hujan tiba, tidak terjadi genangan air yang sampai di rumah-rumah warga di daerah Bina Desa tersebut seperti yang sebelumnya terjadi. [ABI]