Pasific Pos.com
Papua Barat

Pemerintah Sementara Membiarkan Mobil Hilux Parkir di Depan Pasar Wosi

Manokwari, TP – Para supir mobil Hilux yang memarkir kendaraan di depan Pasar Wosi untuk sementara dibiarkan oleh Pemkab Manokwari melalui Dinas Perhubungan, Kelautan, dan Perikanan Manokwari. Setelah pembebasan lahan untuk parkir mobil Hilux di areal Terminal Wosi sudah dilakukan, barulah mobil-mobil tersebut diarahkan untuk parkir di dalam terminal.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Manokwari, Raymond Ayomi di ruang kerjanya, Selasa (10/).

Ayomi menuturkan, dulu pihaknya sempat mengarahkan para supir masuk ke dalam terminal, tapi masih terkendala dengan pembebasan lahan di belakang Terminal Wosi. Hal itu lantaran Pemkab Manokwari mungkin belum menyelesaikan pembebasan lahan.

“Kalau sudah ada pembebasan lahan itu pasti akan mengarahkan semua kendaraan masuk ke dalam terminal, sehingga tidak lagi parkir seperti di pinggir jalan,” ujarnya.

Diakuinya, mobil Hilux yang biasa diparkir di depan Pasar Wosi memang sangat mengganggu masyarakat sekitar dan masyarakat yang hendak berbelanja ke pasar karena menutup sebagian akses jalan. Akan tetapi, pihaknya belum bisa melakukan penertiban karena pembebasan lahan belum dilakukan.

“Tapi kalau sudah betul-betul dibebaskan (lahannya), ya kita akan arahkan masuk ke dalam terminal,” sebutnya.

Beberapa waktu lalu, lanjut dia, pihaknya sempat mengarahkan mereka dan sudah masuk ke dalam terminal, tetapi ada pungutan seperti pengakuan para supir, sehingga mereka merasa dirugikan dan keluar kembali parkir di depan pasar.

“Jadi untuk sementara mereka dibiarkan dulu parkir di depan pasar sampai ada pembebasan lahan baru diarahkan kembali ke dalam terminal,” tukasnya. (CR44)