Pasific Pos.com
Papua Barat

Pemeriksaan Keuangan di Pemkab Mansel Masih Berjalan

Ransiki,TP – Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK-RI) Perwakilan Papua Barat masih melaukan pemeriksan laporan pertanggungjawaban di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mansel.

“Saat ini BPK Perwakilan Papua Barat sedang melakukan pemeriksaan di lingkup Pemerintahan Kabupaten Manokwari Selatan,” kata Wakil Bupati Kabupaten Mansel Wempi Rengkung, saat ditemui Tabura Pos di ruang kerjanya, Rabu (8/3).
Wempi menjelaskan, pemeriksaan selama selama 40 hari kerja yang mana, tim dari BPK melihat 29 OPD di lingkup Pemkab Mansel.

“Mereka melihat secara langsung pengelolaan keuangan dari setiap SKPD baik penyediaan dana maupun yang dilelang berdasarkan satuan programnya sejauh mana capaiannya, teknisnya, administrasi dan pembayarannya, maupun penyelesaiannya,” jelas Wempi.

Wempi mengungkapkan, saat ini merupakan pemeriksaan awal terkait administrasi dan aka nada pemeriksaan selanjutnya.

“Laporan pertanggungjawaban keuangan daerah akan dimulai dari satuan kerja dan kemudian direkapitulasi oleh Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah,” jelas Wempi.

Wempi mengungkapkan, daerah sudah berupaya semaksimal mungkin menggunakan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, walaupun masih ada sedikit kekeliruan.

“Laporan keuangan akan dilakukan secara detail mulai dari proses penyusunan dan ada juga proses review yang dilakukan oleh Inspektorat apakan sudah sesuai atau belum dan saat ini sudah masuk dalam tahap finishing.[CR35-R4]