Pasific Pos.com
Papua Selatan

Pemeriksaan Akan Diperketat

MERAUKE,ARAFURA,- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Merauke bersama pihak kepolisian baru-baru ini melakukan razia di semua ruangan tahanan di dalam Lapas. Hasilnya, ternyata masih ditemukan adanya senjata tajam dan juga hand phone.

Untuk mengantisipasi masuknya barang-barang tersebut, kedepan petugas akan lebih memperketat pemeriksaan. Bukan hanya terhadap pengunjung, tetapi juga kepada Nara Pidana (Napi) yang melakukan kegiatan asimilasi.

“Kita pemeriksaan lebih ketat lagi, ya kedepannya. Baik pengunjung maupun Napi yang kita asimilasi. Kita periksa betul-betul,”ungkap Kepala Lapas Klas IIB Merauke , Suroto,Bc.IP,S.AP ketika ditemui belum lama ini di ruang kerjanya.

Selain memperketat pemeriksaan, kata Kalapas, petugas juga akan lebih rutin melakukan razia. Itu dilakukan untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang. “Kadang-kadang (barang itu dibawa) pengunjung wanita, tidak digeledah, mungkin disembunyikan. Karena itu, kedepan kita akan geledah setiap pengunjung,”ujarnya.

Kalapas mengakui, petugas memiliki resiko kerja yang tinggi ketika berhadapan dengan warga binaan. Maka, ketika ada senjata tajam di dalam jelas sangat membahayakan ketika mungkin mereka (warga binaan) sedang stres. Bukan hanya bagi petugas, tetapi itu juga berbahaya untuk warga binaan lainnya.

Ditambahkan Kalapas, jumlah warga binaan di dalam Lapas Klas IIB Merauke yang terdiri Napi dan tahanan sebanyak 289 orang, sedangkan untuk petugas sebanyak 68 orang.