Pasific Pos.com
Papua Tengah

Pemda Ambil Langkah Optimalkan Koperasi Gerakan Pembangunan

NABIRE – Pemerintah Kabupaten Nabire telah mengambil langkah dengan mengoptimalkan kekuatan tersebut melalui gerakan pembangunan Nabire demi kasih pada sesama pengelolaan pembangunan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pemeliharaan sampai kepada pemanfaatan hasil. Demikian diungkapkan Bupati Kabupaten Nabire Isaias Douw, S.Sos.,MAP, di sela-sela kegiatan pembukaan Pameran Produk UKM di Kabupaten Nabire, yang akan berlangsung sejak Rabu (21/2) hingga Sabtu (24/2) yang bertempat di GOR Kotalama Nabire.

Kata Bupati Isaias, membangun keanekaragaman demi kasih guna mewujudkan kemandirian masyarakat sendiri. Karena, salah satu pilar utamanya telah memiliki tujuan yang jelas yakni untuk memberdayakan perekonomiaan rakyat yang sejalan dengan pertumbuhan dan pengembangan koperasi di Kabupaten Nabire, sehingga membangun Nabire demi kasih pada sesama harus mengedepankan pula inisiatif lokal dengan memanfaatkan potensi alam, ekonomi, sumber daya manusia yang dieksploitasi melalui usaha-usaha kecil menengah yang pada akhirnya itu semua merupakan gerakan berkoperasi.

Lanjutnya, koperasi adalah wadah bersama untuk menghimpun dan menggerakan usaha rakyat. Maka untuk mengembangkan kemampuan ekonomi dari koperasi, mutlak perlu adanya dukungan, bantuan dan kerja sama dengan usaha-usaha ekonomi yang lebih kuat, seperti perusahaan milik negara dan perusahaan milik swasta.

“Satu hal yang kita perlu perhatikan dalam membina dan menumbuhkan kehidupan perkoperasian adalah bahwa koperasi pertama-tama harus merupakan gerakan dari masyarakat sendiri, untuk itu harus membangkitkan kesadaran dan kepercayaan masyarakat bahwa melalui koperasi sebagai wadah usaha bersama, maka dengan demikian usaha mereka dapat lebih meningkatkan sehingga mereka dapat merasakan kehidupan yang lebih baik. Dengan perkataan lain, mereka dapat benar-benar merasakan manfaat dari koperasi dan manfaat menjadi anggota koperasi,” tuturnya.

Menurutnya, dalam jangka panjang kehidupan koperasi benar-benar mempunyai kekuatan untuk tumbuh dan berkembang secara terus menerus, tetap tegak dalam era kemajuan teknologi sekarang ini,sehingga keberadaan koperasi sebagai soko guru perekonomian kita dapat mengikuti dinamika ekonomi modern, seiring dengan bidang usaha yang lain. Untuk itu, koperasi harus benar-benar ditumbuhkan menjadi organisasi yang mampu menghadapi perkembangan kemajuaan ekonomi dan pembangunan.

Katanya, koperasi tumbuh secara modern itu sama sekali bukan hal yang mustahil. Di beberapa negara maju dengan sistem ekonomi liberal sekalipun, ternyata koperasi mampu hidup dengan meyakinkan. Hal itu tentu merupakan tantanan yang besar berat bagi kita. “Namun sekali tantangan itu dapat kita lampaui dan saya yakin koperasi akan benar-benar dapat membangkitkan kembali ekonomi rakyat di daerah ini,” ungkap bupati.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Dekopinda mencoba merangsang koperasi dan UKM untuk bisa diberdayakan melalui pameran produk koperasi dan UKM ini, koperasi dan UKM menampilkan produk hasil koperasi dan UKM yang bisa mengangkat produk koperasi dan UKM menjadi icon daerah. Tetapi ini satu langkah maju buat kita untuk memberikan pembinaan bagi koperasi dan UKM yang bisa diandalkan di Nabire. (cad/modes/ist)