Pasific Pos.com
Headline Info Papua PON Papua 2021

PEMBUKAAN PESTA OLAHRAGA TERBESAR DI INDONESIA, PON XX PAPUA 2021 SARAT BUDAYA KHAS BUMI CENDRAWASIH

Pekan Olahraga Nasional menjadi ajang multievent terbesar di Indonesia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Pada pelaksanaannya kali ini yaitu PON ke-20 terasa spesial, karena diselenggarakan di Bumi Cendrawasih yaitu Provinsi Papua. Dikenal memiliki keindahan alam dan budaya dan diyakini bisa memberikan warna tersendiri pada pelaksanaan PON ke-20 kali ini.

PB PON XX Papua 2021 sudah mempersiapkan sejumlah pengisi acara yang akan menampilkan kebudayaan Indonesia. Tarian serta seni budaya lainnya khas Papua akan hadir memeriahkan pembukaan Pesta Olahraga Nasional satu ini. Keterlibatan masyarakat Papua kali ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu, karena Provinsi Papua bisa menampilkan serta mempromosikan ragam seni dan budayanya.

Upacara Pembukaan PON XX Papua 2021 atau Opening Ceremony dilaksanakan pada Sabtu, 2 Oktober 2021 mulai pukul 18.00 hingga 21.00 WIT akan disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi maupun streaming. Sesuai anjuran pemerintah bahwa kapasitas penonton ataupun undangan sebanyak 25% dan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Guna mendukung penyelenggaraan PON, berbagai fasilitas telah disiapkan Kominfo agar seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Papua yang tidak bisa hadir langsung di lokasi, untuk turut bergembira menyaksikan perhelatan PON Papua.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Usman Kansong menyampaikan “Jadi masyarakat Indonesia bisa menyaksikan kegembiraan dan kami membuka link untuk menyaksikan secara langsung pembukaan kepada para Duta besar negara sahabat yang ada di Jakarta supaya pembukaan PON atau peristiwa PON ini tergambarkan ke seluruh dunia”

Letjen TNI. (Purn) Marciano Norman Ketua Umum KONI Pusat turut mengungkapkan “Kehadiran undangan hari ini itu telah diatur oleh Panitia Besar PON, yang pertama akan masuk adalah pejabat pemerintahan, baik itu pimpinan lembaga tinggi negara. Yang kedua kontingen ini akan dipimpin oleh KONI Provinsi tetapi di samping itu, para gubernur banyak yang hadir untuk memberikan support secara langsung kepada atlet-atlet mereka yang bertanding”

Pelaksana Tugas Koordinator Bidang Pemasaran PB PON XX Papua 2021 Dr. Karsudi, SP, MSi juga menambahkan “Pembukaan PON XX Papua 2021 kali ini kami siapkan hal yang istimewa. Dengan sentuhan budaya Papua, pesta pembukaan PON kali ini tentu berbeda dengan pembukaan PON sebelumnya. Maka dari itu, saya mengajak seluruh Masyarakat Indonesia untuk menyaksikan dari rumah melalui siaran televisi maupun live streaming.”

Dilaksanakan di tengah masa pandemi covid 19, acara pembukaan PON XX Papua 2021 berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat dan pembatasan penonton. Namun untuk seluruh masyarakat Indonesia, tidak perlu khawatir karena tetap bisa menyaksikan euforia serta kemeriahannya melalui siaran televisi TVRI, iNews, MetroTV, GTV, MNCTV, MNC Vision, RCTI+, Kompas TV, TransTV, Trans7, BeritaSatu dan melalui live streaming Youtube official PON XX Papua 2021, media sosial Facebook @ponxx2020papua dan Tiktok @ponxxpapua2021. (humas pb pon papua)

Artikel Terkait

Selesai, Wapres: PON XX Sempurna, Papua Sa Cinta Ko

Bams

Tiga Catatan Penting Penyelenggaraan PON XX 2021 di Papua

Bams

PON XX Ditutup, Papua Cetak Sejarah Baru Capai Peringkat Keempat

Bams

Ridwan Kamil Beberkan Resep Jawa Barat Bisa Raih Juara Umum PON XX

Bams

Menpora Sebut PON Jadi Ajang Pantau Bakat Para Atlet

Bams

Jabar Juara PON XX, Kang Emil : Kami Akan Ceritakan Papua yang Indah

Bams

PON Papua Berakhir, Jabar Pertahankan Gelar Juara Umum

Bams

Pemkab Jayapura Hadiahi Rumah Bagi Atlet Berprestasi

Bams

55 Rekor Baru Telah Tercatat di PON XX Hingga Hari ke-22

Bams