Pasific Pos.com
Papua Selatan

Pembelian Meningkat, Edukasi Tetap Diberikan

MERAUKE,ARAFURA,-Direktur CV.Janavetri, Alfred Pasaribu mengemukakan bahwa dalam kurun waktu terakhir ini konsumen untuk produk Pertalite mulai meningkat khususnya yang membeli di SPBU mini milik perusahaannya di Jalan Noari. Meskipun sudah ada peningkatan, pihaknya tetap harus pro aktif memberikan edukasi kepada konsumen tentang produk tersebut mengingat masih banyak yang awam dalam hal ini. Pasalnya warna Pertalite juga berbeda sehingga konsumen kerap merasa bingung dan mengira sebagai bensin campur. Bahkan pernah ada yang sudah membeli namun mengembalikannya lagi karena ketidaktahuan mereka. “Jadi setiap konsumen yang datang selalu kita edukasi bahwa produk ini memang memiliki warna yang khas dan benar-benar asli tanpa campuran apapun,”terang Alfred saat ditemui ARAFURA News di ruang kerjanya, Kamis (5/7).

Lebih lanjut ia mengemukakan bahwa dengan gencarnya edukasi tersebut, perlahan-lahan pemahaman konsumen mulai tumbuh dan tidak ragu lagi untuk membeli. Seperti halnya pada penjualan bulan lalu diakui cukup tinggi meskipun sempat mengalami kenaikan harga sebesar 200 Rupiah pada Februari 2018. Namun hingga sekarang harga yang berlaku masih normal tanpa ada kenaikan lagi. Hingga sekarang SPBU milik perusahaannya tetap menyediakan produk dengan kualitas premium dan yang memiliki kualitas lebih tinggi. Untuk pemasarannya tergantung dari selera konsumen sehingga bebas memilih produk yang disukai. Ia berharap semakin banyak konsumen yang mengenal Pertalite dan pihaknyapun bisa memasarkannya dalam jumlah yang lebih besar ke depan nanti.

Untuk stok Pertalite sendiri, tetap disesuaikan dengan kapasitas tanki sehingga jika sudah kosong dan cukup untuk memasukkan produk ini sebanyak satu tanki maka akan didrop.
Diakui bahwa yang namanya berjualan pasti ada kalanya ramai dan ada pula waktu dimana pembeli minim. Oleh sebab itu stok yang didrop atau yang terjual tidak menentu, bisa dalam jumlah besar atau di satu waktu hanya sedikit. Seperti saat lebaran lalu, animo pembelian cukup meningkat. Berdasarkan pengamatan konsumen masih jarang yang membeli dalam jumlah banyak atau dengan menggunakan jerigen. Masih lebih banyak yang membeli eceran untuk sepeda motor maupun mobil. Namun demikian, pihaknya tidak membatasi jumlah pembelian Pertalite karena semakin banyak yang membeli justru akan semakin bagus.