Pasific Pos.com
Papua Selatan

Pembangunan RS Tipe B Melenceng Dari Target

MERAUKE,ARAFURA,- Pengerjaan fisik bangunan Rumah Sakit (RS) tipe B hingga saat ini belum dapat terselesaikan. Pasalnya, ada beberapa kendala mengenai administrasi sehingga melenceng dari waktu yang ditargetkan.

“Provinsi tetap membangun, tahun ini kita lengkapi administrasinya dan ada proses penimbunan yang akan dilelang di ULP,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Adolf Yanu Bolang di Kantor Bupati, Jumat (6/7) lalu.

Ia mengatakan, pembangunan rumah sakit tipe B perlu dukungan anggaran dan perlu keterlibatan semua pihak, sehingga pengerjaan ini dapat terselesaikan sesuai yang ditargetkan. Untuk pembangunan fisik sementara berjalan dan dilakukan oleh provinsi.

Sekarang akan dilakukan penimbunan tahap ke dua dan pihaknya akan melakukan sesuai dengan kemampuan anggaran. Ia menambahkan, untuk rumah sakit umum daerah akan tetap difungsikan karena tidak mungkin pasien dari Puskesmas akan langsung dirujuk ke rumah sakit tipe B.

“Itu harus dilakukan secara berjenjang. Nanti kita lihat seperti apa, tapi yang jelas harus ada rumah sakit tipe C baru tipe B, sehingga RSUD akan tetap difungsikan,”pungkasnya.