Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Pembangunan 2018 Fokus Infrastruktur Prasarana Fisik

SENTANI- Berdasarkan RPJMD Kabupaten Jayapura, maka tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura akan fokus pada beberapa aspek pembangunan.

Yaitu akselerasi pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan pelayanan kesehatan, pemberdayaaan ekonomi masyarakat dan penguatan kelembagaan adat serta kampung-kampung adat dalam mewujudkan pembangunan yang merata.

Demikian dikatakan Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, Dra. Hanna Hikoyabi, ketika menjawab pertanyaan wartawan harian ini, usai pelaksanaan Forum Konsultasi Publik tentang pembahasan RPJMD 2011-2022, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (12/1/18).

Hanna mengatakan fokus pembangunan di kabupaten Jayapura itu ada fokus yang menjadi prioritas nasional, fokus provinsi dan juga fokus daerah, yang sedang dibahas untuk dirangkumkan dalam RPJMD ini.

Kebijakan pembangunan tahun ini kita arahkan pada pendidikan, kesehatan dan pengembangan ekonomi masyarakat. Selain itu juga, keberlanjutan daripada penguatan terhadap lembaga adat dan juga penguatan terhadap kampung-kampung adat yang sudah ada. Namun kita tetap arahkan dan juga tidak mengabaikan fokus-fokus lainnya itu tetap perkebunan, pertanian, perikanan, pariwisata dan juga konektivitas infrastrutkur ke kampung-kampung, ungkapnya.

Hanna Hikoyabi menuturkan, pembangunan infrastruktur prasarana fisik yang sampai kepada kampung-kampung yang menjadi prioritas adalah pembangunan jalan dan jembatan serta penerangan, juga pelaksanaan PON XX tahun 2020.

Itu lah yang menjadi perhatian daripada pemerintah daerah dan itu juga prioritas yang menjadi fokus yang dilakukan pada saat ini untuk pembangunan infrastruktur prasarana fisik. Belum lagi di sektor pengembangan ekonomi kerakyatan yang kita fokuskan pada pembangunan sektor pertanian dalam arti yang luas, penumbuhan UMKM, serta perbaikan objek-objek wisata. Ini semua kita lakukan dalam rangka pengembangan ekonomi kerakyatan, imbuh Hanna.

Di sektor pelayanan dasar, pemerintah daerah fokus pada perbaikan dan pembangunan prasarana RSUD Yowari dan Puskesmas, sehingga pelayanan terhadap pasien bisa dioptimalkan, di samping tentunya tidak melupakan pemanfaatan dana desa/kampung melalui kewenangan kampung.

Dana desa juga tidak kalah penting dalam ragka mengoptimalkan pemanfaatan dana desa/kampung, utamanya pembangunan infrastruktur di kampung dan pelayanan sosial lainnya, tukasnya.