Pasific Pos.com
Papua Selatan

Pembagian SPPT Diminta Lebih Awal

MERAUKE,ARAFURA,- Distribusi Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) diharapkan bisa lebih awal, sehingga ada waktu lebih bagi aparat kampung untuk membagikan SPPT tersebut kepada para wajib pajak.

“Kalau di kampung, antara musim tanam sampai musim panen, itu ada masa tenggang dan saat itulah kepala kampung beserta jajarannya bisa membagi SPPT. Kalau musim panen repot,”ujar Asisten I Sekda Kabupaten Merauke, Sunarjo,S.Sos, di sela-sela pembagian hadiah lomba intensifikasi dan ekstensifikasi PBB P-2 di Ala Hotel Megaria, belum lama ini.

Menurutnya, manajemen waktu harus bisa diatur dengan baik, karena ini juga akan terkait dengan realisasi pembayaran PBB P-2. Selain itu, untuk tingkat kesulitan dan banyaknya jumlah objek pajaknya juga perlu diperhitungkan. Apalagi di kampung-kampung banyak ada SPPT dan objek pajaknya, tetapi orangnya tidak ada di kampung sehingga ini juga menjadi kendala dalam realisasi pembayaran pajaknya.

Kemudian, ada juga objek pajaknya satu tetapi SPPTnya dua. Maka, ini harus ditertibkan karena ada juga keluhan terkait hal itu. Sedangkan terkait realisasi pembayaran PBB P-2, diharapkan aparat di kampung harus kompak. Jadi, begitu SPPT didistribusikan dari Bapenda dalam kesempatan pertama harus langsung dibagikan kepada para wajib pajak.

“Cepat diterima, cepat dibagikan dan cepat dibayarkan sebelum jatuh tempo,”tukasnya.

Sementara itu, ia juga meminta kepada para kepala kampung supaya punya jadwal yang jelas, sehingga taget pelayanan pemerintahan di kampung bisa dilakukan dengan baik. Apalagi tugas pelayanan seorang kepala kampung itu 24 jam, dimana setiap saat berkewajiban melayani masyarakatnya.