Pasific Pos.com
Papua Tengah

Pelebaran Jalan, Proses Awal Perbaikan Jembatan Kali Nabire

NABIRE – Jembatan Kali Nabire merupakan jembatan induk yang kian telah mengalami kerusakan dan jembatan tersebut pula untuk melintasi jalan utama penghubung Bumi Wonorejo dan Karang Tumaritis. Sebab sayangnya jembatan tersebut, telah mengalami kerusakan yang cukup membahayakan versi publik. Oleh karena itu, pelebaran jalan sudah dilakukan untuk proses awal perbaikan Jembatan Kali Nabire.

Pada hari Selasa, 6 Februari kemarin, setelah melakukan peninjauan Bupati Nabire Isaias Douw, S.Sos,MAP, ketika ditemui mengatakan, belakanan ini di Nabire telah terjadi curah hujan yang cukup tinggi sehingga terjadi kerusakan jembatan, sebab terkait adanya perbaikan jembatan sementara ini selaku bupati mengajak instansi teknis untuk mengecek jembatan secara langsung di lokasi.

Selain itu, lanjut Bupati, agar pihak balai dan Satker dapat merencanakan atau melihat dari dekat langkah-langkah yang harus segera diambil untuk mengantisipasi terjadinya banjir sehingga kemungkinan akan terjadi kerusakan susulan.

“Hari ini kami tinjau kondisi terakhir jembatan pasca adanya perbaikan jembatan sementara yang sedang dipergunakan ini agar ketika terjadi kerusakan begitu kan pihak balai pekerjaan umum bisa mengambil langkah pula tidak ada tuntutan lagi dari masyarakatkan,” ucapnya.

Jika masyarakat yang bermukim di sekitar jembatan terjadi musibah kebanjiran maka kami (pemerintah) mencoba hindari dan mengantisipasi secara dini agar nantinya tidak dituntut oleh masyarakat sekitar daerah tersebut.

“Sambil menunggu proses perbaikan selanjutnya, pihak pemerintah tidak akan kecolongan ketika adanya musibah banjir atau kerusakan jembatan. Sementara kita (pemerintah) tidak minta. Karena, ini faktor alam jadi kita harus sedini mungkin untuk dapat mengantisipasinya akan terjadinya kebanjiran atau kerusakan,” pungkas Douw.(ist/wan)