Pasific Pos.com
Papua Tengah

Pelatihan Petugas SUSENAS 2018 BPS Nabire, Ditutup

NABIRE – Setelah digelar sejak tanggal 15 Februari 2018, kegiatan Pelatihan Petugas Survey Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Tahun 2018 yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Nabire, resmi ditutup pelaksanaannya oleh Kepala BPS Nabire yang diwakili Kasubbag Tata Usaha, Ishak Irianto Lunda SE, didampingi Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Nabire, Willy Andhika dan panitia, sabtu 17 Februari 2018 di Hotel Mahavira Nabire.

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 30 orang peserta dengan jumlah petugas lapangan sebanyak 22 orang dan pengawas sebanyak 8 orang.

Adapun peserta terbaik dalam pelatihan ini atas nama Dewi Fitriyah selaku petugas lapangan dari Distrik Nabire Barat.

Sementara itu, Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Nabire, Willy Andhika kepada Nabire.Net menjelaskan, Survey Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Tahun 2018 untuk kabupaten Nabire akan mulai dilaksanakan bulan Maret 2018 namun akan diawali kegiatan pemutakhiran dan pencacahan rumah tanggal sampel terpilih terlebih dahulu dari 20 Februari hingga 20 Maret 2018, dengan cakupan wilayah survey di 11 Distrik, 27 Kampung/Kelurahan dan 40 Blok Sensus sebagai target sampel pencacahan.

Khusus kegiatan Susenas Maret 2018 ini sampel terpilih dari target sekitar 400 rumah tangga yang akan kembali didata oleh Kementerian Kesehatan melalui kegiatan pendataan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018.

Kegiatan Susenas Maret 2018 ini akan mengumpulkan informasi mengenai keterangan rumah tangga antara lain seperti demografi, pendidikan, kesehatan, perumahan, food insecurity, keterangan korban kejahatan, penggunaan jaminan sosial, kepemilikan jaminan sosial, keterangan keluarga berencana, penolong persalinan wanita pernah kawin (WPK), akses terhadap TIK, kepemilikan tabungan dan aset.

Selain keterangan core (inti) dari rumah tangga sampel terpilih, juga akan digali keterangan mengenai konsumsi dan pengeluaran makan selama seminggu sebelum pendataan, konsumsi/pembelian non makanan selama sebulan maupun setahun sebelum pendataan. Dalam kegiatan ini juga akan dicatat mengenai informasi pendapatan rumah tangga baik itu pekerjaan sebagai karyawan/PNS/buruh maupun pekerjaan-pekerjaan yang difatnya usaha rumah tangga/perusahaan. (ist)