Pasific Pos.com
Papua Selatan

Pelatihan Aparatur Di Bidang Manajemen Pemerintah Desa

Pelatihan Aparatur Di Bidang Manajemen Pemerintah Desa
Para peserta saat menyimak sambutan bupati (foto:iis)
‘Diharap Bermanfaat Bagi Peningkatan Pengetahuan’

 

MERAUKE,ARAFURA,-Pelatihan aparatur desa dalam bidang manajemen pemerintah desa diharapkan membawa manfaat bagi peningkatan pengetahuan aparatur pemerintah kampung di kabupaten dan percepatan pembangunan yang selaras dengan Nawacita Presiden Republik Indonesia dan visi misi Pemerintah Kabupaten Merauke.

Sesuai amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa bahwa desa/kampung diberikan kewenangan untuk tata pemerintahan dan pelaksanaan mengurus pembangunan secara mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat kampung.

Oleh sebab itu diharapkan secara mandiri mengelola pemerintahan dan berbagai sumber daya yang dimilikinya. Hal tersebut dikemukakan Bupati Merauke, Frederikus Gebze saat membuka pelatihan aparatur desa dalam bidang manajemen pemerintah desa di Hotel Megaria kemarin.

Ia mengajak semua pihak untuk dapat membangun komitmen bersama demi melakukan yang terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kampung yang transparan, akuntabel dan partisipatif.

Demikian besar peran yang dijalankan oleh kampung, tentunya disertai dengan tanggung jawab yang besar pula. Oleh karena itu pemerintah kampung, harus akuntabilitas dalam tata pemerintahnya, dimana semua pemerintahan dipertanggungjawabkan kampung sesuai dengan ketentuan untuk pemerintahan kampung yang baik.

Perlu didukung dengan kemampuan aparat kampung yang handal dalam mengelola sumber daya yang ada di kampung. Pemerintah daerah mempunyai peran dan tanggung jawab dalam peningkatan kapasitas SDM aparat kampung mengadakan pelatihan, bimtek dan pendampingan agar aparat kampung dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Dalam menjalankan roda pemerintahan, maka semua yang dikerjakan oleh pemerintah kampung harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat melalui mekanisme yang telah diatur. Untuk itu ia meminta peserta agar kesempatan ini dapat dipergunakan sebaik- baiknya dalam menggali ilmu dan saling bertukar informasi di lingkup aparatur pemerintah kampung.

Artikel Terkait

Tetap Konsen Di Masa Pandemi, ‘Pojok Hukum Jadi Solusi Penyampaian Informasi Ke Masyarakat’

Arafura News

Nekad Buka Lewat Batas Waktu, ‘Pelaku Usaha Yang Bandel Diberi Peringatan’

Arafura News

Di Masa Pandemi, Disnaker Terima Enam Aduan Pekerja

Arafura News

Kunjungi Mapolres, Danrem Perkuat Sinergitas Dengan Polri

Arafura News

Bupati Minta Satgas Baru Tetap Pedomani Sumpah Prajurit

Arafura News

Kristian : Wajib Pajak Dapat Manfaatkan Layanan Perbankan

Arafura News

Bupati : Aksi Berbagi BNI Adalah Contoh Yang Baik

Pasific Pos

Bupati Minta Patroli Cegah Covid 19 Digencarkan

Arafura News

Brimob Dan Dishub Sinergi Lakukan Penyemprotan

Arafura News