Pasific Pos.com
Papua Barat

Pelantikan DPD KNPI Mansel

Waran: KNPI Sebagai Wadah Pembentukan Mental dan Karakter Pemuda

Ransiki,TP – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) dilantik, Senin (5/3).

Pengurus KNPI Kabupaten Mansel dilantik olegh ketua KNPI Papua Barat Sius Dowansiba di Kantor KNPI Mansel di Kampung Sabri, Distrik Ransiki.

Ketua KNPI Kabupaten Mansel Joni Dowansiba mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mansel yang cepat merespon pembentukan KNPI Mansel, sehingga bisa dilantik pada hari ini.

“Saya sangat senang karena pada saat itu, bupati selaku pimpinan daerah langsung menyetujui apa yang menjadi keingan KNPI Kabupaten Manokwari Selatan. Saya menganggap proses pembanguan yang ada di Mansel ini sudah berjalan dengan baik,” ujar Joni saat menyampikan sambutannya.

Joni mengatakan, di Kabupaten Mansel terdapat berbagai macam suku, sehingga ia mencoba untuk mengambil data secara baik, agar semuanya tercaver dalam kepengurusan organisasi pemuda tersebut.

“Karena KNPI merupakan milik pemudah yang ada di Mansel ini. Agar koodrinasi dapat berjalan dengan baik, maka semua struktur yang ada disesuaikan dengan OPD yang ada agar menjaga keseimbangan dan dapat berjalan dengan baik, sehingga semua program dari pemerintah daerah KNPI dapat membantu mengawal, melihat apa yang menjadi kelebihan dan apa bila ada kekurangan akan memberikan masukan ke Pemda,” jelas Joni.

Sementara itu, ketua KNPI Papua Barat Sius Dowansiba, menegaskan, Kabupaten Mansel tidak bisa dibangun sendiri oleh pemerintah, dan OPD, namun membutuhkan peran pemuda.

“Saya berharap, Pemerintah Kabupaten Mansel, memberikan perhatian khusus kepada para pemudah di KNPI ini,” ujar Sius.

Sius menegaskan, KNPI bukan musuh pemerintah melainkan mitra kerja yang dapat saling membantu mengisi kekosongan pembangunan di Mansel.

“Persolan bukan sebuah hambatan bagi KNPI untuk tidak melakukan sesuatu tetapi dengan begitu dapat membuat ketua KNPI lebih giat melakukan sesuatu,” pesan Sius.

Pelantikan pengurus KNPI mendapat apresiasi Bupati Mansel Markus Waran. Waran berharap, semua organisasi kepemudaan (OKP) di Mansel berkoordinasi dengan KNPI untuk menyelaraskan persepsi.

“Knpi merupakan sebuah organisasi yang mampu menerbitkan kader-kader yang dapat andalkan. Organisasi ini merupakan tempat untuk membina karakter, mental, sehingga diharapkan dapat berjalan dengan baik,” pesan Waran. [CR35-R4]