Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Pegadaian Memberi Kemudahan bagi Masyarakat Berinvestasi Emas

Jayapura – Melalui kegiatan Pegadaian Vaganza bertajuk “Noken Papua (November Keren) Pembiayaan Pegadaian untuk Anda”, PT Pegadaian (Persero) Area Jayapura memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas.

Vice President PT Pegadaian (Persero) Area Jayapura, Sutrisno mengatakan, pengunjung pameran secara gratis dapat membuka rekening tabungan emas.

“Kami memberikan tabungan emas gratis kepada pengunjung, kalau yang belum punya buku tabungan emas, silahkan membuka selama pameran berlangsung, syaratnya hanya kartu tanda penduduk (KTP), kami bukakan tabungan senilai Rp50.000,  jadi top up saldo Rp10.000, kemudian Rp40.000 untuk administrasi selama setahun,” jelas Sutrisno, Sabtu (23/11/2019).

Selain tabungan emas gratis, selama pameran, Pegadaian juga memberikan cash back, doorprize dan hadiah menarik lainnya. Cashback juga diberikan oleh mitra kerja yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu dealer Honda, Daihatsu dan Kawasaki.

Sutrisno mengungkapkan, kegiatan serupa telah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya, tetapi tahun ini, baru pertama kali dilaksanakan. “Biasanya kami melaksanakan bazaar emas,” ucapnya.

Agenda lainnya dalam kegiatan Pegadaian Vaganza adalah multi pembiayaan untuk emas yang dilelang dan barang Galeri24. Juga pembiayaan bagi masyarakat yang ingin kredit kendaraan bermotor.

Literasi Keuangan Baru Mencapai 50 Persen

Sutrisno mengatakan, tujuan utama menggelar pameran Pegadaian Vaganza adalah untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat di Jayapura, dan Papua pada umumnya.
Diakuinya, baru 50 persen masyarakat di Papua yang mengetahui Pegadaian dengan baik. “Kalau untuk Jayapura sudah cukup bagus, tapi daerah kabupaten lainnya belum begitu bagus, karena memang Pegadaian belum hadir di semua kabupaten di Papua,” kata Sutrisno.  

Pegadaian, kata Sutrisno, bergerak di bidang pembiayaan kepemilikan logam mulia, pembiayaan untuk modal kerja, pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor baik roda dua atau empat, kendaraan baru atau lama. Pelayanan produk-produk tersebut juga dibuka di kegiatan itu selama tiga hari.

Sutrisno mengaku tak menargetkan seberapa besar transaksi selama pameran berlangsung. Namun yang terpenting adalah menggairahkan kembali literasi kepada masyarakat, selain itu ada program akhir tahun yang harus dikeluarkan. Pihaknya menargetkan sampai akhir tahun ini, 110.000 orang menjadi nasabah untuk produk tabungan emas. (Zulkifli)