Pasific Pos.com
Papua Barat

Pedagang Makanan dan Asongan Dianjurkan Gunakan Fasilitas Bersih

Manokwari, TP – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Manokwari menganjurkan pedagang makanan kaki lima dan keliling memiliki fasilitas jualan yang bersih.

Kepala Dinkes Kabupaten Manokwari, drg. H. Sembiring mengatakan, anjuran itu sudah disosialisasikan kepada para pedagang makanan kaki lima dan pedagang makanan keliling yang biasa berjualan di sekolah-sekolah.

“Terutama, yang menjajakan jualannya kepada anak-anak sekolah agar tetap menjaga kebersihan makanan dan juga pedagang makanan pada malam hari, harus pakai etalase kaca sehingga makanan yang dijajakan kepada masyarakat tetap terjaga nilai kesehatan dan kebersihannya,” kata Sembiring kepada wartawan di Kantor Bupati, Selasa (13/2).

Sembiring menjelaskan, hal itu dilakukan Dinkes Manokwari dalam rangka meminimalisir timbulnya berbagai macam penyakit karena makanan yang kurang higienis.

“Kalau siang kita kerja sama dengan Infokom untuk sosialisasikan anjuran ini, sedangkan malam, kita turun langsung ke tempat yang dituju. Siang juga tim ke sekolah-sekolah,” jelas Sembiring.

Sembiring berharap, para pedagang makanan dan penjual asongan dapat memperhatikan anjuran tersebut, sehingga secara bersama-sama dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit, terlebih penyakit difteri dan keracunan makanan.

“Jadi kami harapkan para penjual makanan harus menjaga kebersihan, dengan mengolah makanan secara bersih dan sehat, serta menyiapkan tempat-tempat yang layak dan untuk pedagang asongan terutama yang datang kesekolah-sekolah agar media yang digunakan harus benar-benar bersih,” tandas Sembiring.[SDR-R3]