Pasific Pos.com
Info Papua

PB PON Berharap Bulan Juli Venue sudah Diserahkan

Ketua Harian PB PON Papua, DR. Yunus Wonda SH MH. (Foto Tiara).

JAYAPURA – Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda menyebut venue-venue pertandingan sudah harus diserahkan kepada panitia penyelenggara PON XX tahun 2020 paling lambat bulan Juli mendatang.

“pembangunan venue saat ini baru mencapai 85 persen, kita optimis akan rampung tepat waktu, termasuk tiga Venue tambahan yang masuk dalam Inpres No 1 tahun 2020 tentang Percepatan Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua,” kata Yunus Wonda kepada wartawan disela-sela Rapat Konsolidasi dan Doa Bersama dalam Rangka Menghadapi Pembukaan Pendaftaran PON XX Tahun 2020, Rabu malam.

Yunus mengatakan, jika seluruh venue diserahkan kepada PB PON, maka pihaknya bisa menggelar tes event. “Kalau venue-venue ini diserahkan pemerintah kepada PB PON, idealnya tiga bulan sebelum penyelenggaraan PON, agar kita bisa gelar tes event,” ujarnya.

Selain itu, dengan selesainya venue, PB PON akan mengecek semua venue, jika masih ada kekurangannya di venue, maka panitia akan menyelesaikannya.

Pria yang pernah menjabat Ketua DPR Papua itu menegaskan, para atlet Papua juga dapat segera beradaptasi dengan tempat pertandingan. Adaptasi yang dilakukan para atlet diharapkan akan berbuah pada performa optimal pada perhelatan PON nanti.

Menurut Yunus, setelah PON usai, PB PON akan kembali menyerahkan seluruh venue ke Pemprov Papua. Jadi, nanti setelah event PON selesai, seluruh venue akan kami mengembalikan lagi kepada pemerintah setelah itu pemerintah mau hibahkan ke mana silakan,” ucapnya.

Yunus menambahkan, masyarakat Papua harus bersyukur dengan dilaksanakannya PON dan Peparnas di Provinsi Papua. Sebab, dengan adanya event Nasional ini, Papua kini memiliki banyak venue standar Internasional dan diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya kedepan.

Lebih lanjut, kata Yunus, usai PON nanti venue dan seluruh infrastruktur pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua akan dimanfaatkan untuk pembinaan calon atlet masa depan dari Papua.

Diketahui, Sejak awal diselenggarakan pada 1948, PON kerap diadakan di Pulau Jawa. PON 2020 selain pertama diadakan di Papua juga merupakan yang keenam dilaksanakan di luar Jawa setelah Medan, Makassar, Palembang, Samarinda, dan Pekanbaru.

PON XX akan berlangsung bulan Oktober-November 2020 di empat wilayah daerah penyelenggara yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke, dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga (cabor), 56 disiplin, 679 nomor pertandingan/perlombaan.

Artikel Terkait

KONI Terus Berkoordinasi dengan Menpora dan Menkes Terkait PON Papua

Bams

Pekerjaan Venue PON Tetap Jalan Meski ada Wabah Corona

Bams

Dampak Virus Corona, Sekda: Soal PON Tunggu Keputusan Pusat

Bams

Pemprov Papua Pastikan Bangun Dua Venue PON di Kota Jayapura

Bams

KONI Kalsel Tinjau Venue PON XX

Bams

Ada Virus Corona, Persiapan PON Terus Berjalan

Bams

Emi Enembe: Media Center PON Rampung Bulan September

Bams

Venue dan Peralatan PON Jadi Perhatian KONI Pusat

Bams

Jelang PON Papua, Koordinasi Terus Ditingkatkan

Bams