Pasific Pos.com
Headline

Pasien Covid-19 Papua Tembus Angka 205 Kasus

Covid-19 Papua 205 Kasus
Info grafis Covid-19 Papua. update 30 April 2020

JAYAPURA – Hingga Kamis (30/4/2020) malam, pasien positif virus corona atau Covid-19 di Provinsi Papua menyentuh angka 205 kasus.

Berdasarkan data hari ini ada penambahan 16 pasien positif covid-19. Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, dalam keterangan persnya.

Dikatakan, dari 205 pasien tersebut 141 orang mendapatkan perawatan di rumah sakit, pasien sembuh sebanyak 57 pasien dan meninggal 7 orang.

Sementara jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.827, kemudian jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 270 dan pemeriksaan PCR sebanyak 981 sampel.

Adapun kabupaten/kota yang berdampak Covid-19 diantaranya, Kabupaten Mimika ada 64 pasien positif covid-19, 50 orang dalam perawatan, 11 dinyatakan sembuh dan 3 meninggal dunia.

Kota Jayapura 44 pasien positif dengan 21 orang dirawat. Kemudian pasien sembuh di Kota Jayapura sebanyak 20 orang dan meninggal sebanyak 3 orang.

Kabupaten Jayapura 36 pasien positif, 25 orang dirawat, 10 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia.

Kabupaten Nabire 16 kasus positif dan semuanya dalam perawatan. Kabupaten Merauke, 13 kasus positif, 5 masih dalam perawatan dan 8 dinyatakan sembuh.

Kabupaten Keerom jumlah positif 10 kasus positif, dimana 8 orang sedang dalam perawatan dan 2 orang sudah dinyatakan sembuh.

Kabupaten Biak Numfor 9 kasus dan kesemuanya sementara dalam perawatan. Kabupaten Sarmi 4 pasien positif dimana 1 orang dirawat dan 3 orang sudah dinyatakan sembuh.

Kabupaten Jayawijaya terdapat 3 kasus dan 1 dirawat sembuh 2 ketiganya masih menjalani perawatan. Kabupaten Mamberamo Tengah ada 2 kasus dan 1 dirawat dan 1 sembuh masih menjalani perawatan. Dirawat 1 orang dan sembuh 1 orang. Kabupaten Boven Digul 2 kasus dan dirawat di RSUD Merauke.

Kabupaten Supiori juga ditemukan 2 kasus positif dan semunya saat ini sudah ditujuk ke RS Biak Numfor.

dr. Sumule memaparkan, tambahan 16 kasus baru berasal dari Kabupaten Mimika 9 kasus, kabupaten Merauk 2 kasus dan kabupaten Jayapura sebanyak 5 kasus.

“Puji Tuhan hari ini ada tambahan 3 pasien yang dinyatakan sembuh, yakni di Kabupaten Merauke 2 orang dan Kabupaten Jayapura 1 orang,” ujarnya.

Disampaikannya, jumlah ODP sebelumnya 4.008 orang, hari ini menurun secara drastis sebanyak 1.827 orang. Jadi, ketika seseorang dinyatakan ODP, Maka selama 14 hari mendapat pemantauan, dan ketika pada hari ke 14 berdasarkan pemeriksaan dinyatakan negatif maka nama dikeluarkan dari kelompok ODP. Namun demikian, tetap mendapat pengawasan ketat dari petugas kesehatan,” katanya.

Selain itu juga Satgas Covid-19 Papua meminta kepada seluruh petugas kesehatan yang berada di rumah sakit untuk memberikan perhatian khusus kepada seluruh pasien – pasien yang saat ini dirawat.

“Jangan lengah, ketika sudah ada perubahan sakit. Dari yang sedang menjadi berat untuk segera melakukan tindakan pencegahan,”sarannya.

Artikel Terkait

Giliran Jajaran Dinas Pendidikan Ikut Rapid Tes

Arafura News

Pemprov Papua Canangkan Vaksin Covid-19

Bams

Tahanan Dengan Gejala Covid Langsung Rapid Test

Arafura News

Tenaga Kesehatan Terpapar Covid, RSUD Tutup Layanan Umum

Arafura News

Legislator Papua : Jangan Manfaatkan Momentum Covid-19 Untuk Kepentingan Tertentu

Tiara

dr. Aron Rumainum Orang Pertama Divaksin di Papua

Bams

Musa’ad : Vaksin Diberikan pada Orang Sehat

Bams

Terkait Penerapan PSBB, Kapolres : Tindakan Tegas Tetap Akan Dilakukan

Arafura News

10 Orang Divaksin Lebih Dulu di Papua

Bams