Pasific Pos.com
Headline Lintas Daerah

Pasca Longsor, Satgas TNI 301/PKS Bersama Masyarakat Serbu di Ruas Jalan Wamena-Mulia

Personel Satgas TNI 301 PKS bersama masyarakat membersihkan ruas jalan Wamena Mulia pasca longsor.

Irimuli – Satgas Yonif R 301/Pks Posramil Puncak Senyum melaksanakan karya bakti di Kampung Irimuli Distrik Irimuli Kab. Puncak Jaya dengan bergotong royong menangani longsor di ruas akses jalan yang menghubungkan antara Kab. Jayawijaya dan Kab. Puncak Jaya akibat curah hujan yang tinggi, Minggu (8/5/2022).

Disela kegiatan Dansatgas penanganan longsor, Letkol Inf Mohammad Syaifudin Fanany, S.H., M.I.P menyampaikan kegiatan tersebut merupakan bagian dari tugas TNI dalam rangka membantu penanganan bencana alam yang terjadi, membantu kesulitan masyarakat disekelilingnya.

“Kami semaksimal mungkin akan mengatasi, karena jalan yang tertimbun longsor ini merupakan akses jalan satu-satunya yang dilewati masyarakat untuk menuju ke Distrik Wamena Kab. Jayawijaya maupun ke Distrik Mulia Kab. Puncak Jaya dan saluran air yang merupakan sumber air masyarakat juga terputus karena longsor dan curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini menyebabkan terjadinya tanah longsor, sehingga menutup akses jalan utama yang menghubungkan antar Kabupaten tersebut,” ucap Dansatgas Letkol Inf Mohammad Syaifudin Fanany, S.H., M.I.P.

Penanganan Longsor di ruas jalan ini melibatkan 49 orang terdiri dari 20 orang personel Satgas Posramil Puncak Senyum Yonif R 301/Pks dan 30 orang dari masyarakat Kampung Irimuli yang dipimpin langsung oleh Danposramil Puncak Senyum Lettu Inf Pendik Siswanto dan hadir juga Kepala Kampung Irimuli Bapak Yokiron Wonda dan Kepala Distrik Irimuli Bapak Tekiles Wonda.

Di tempat yang sama, Danposramil Puncak Senyum Lettu Inf Pendik Siswanto mengatakan bahwa kegiatan gotong-royong tersebut dilaksanakan bertujuan untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dan merupakan bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dengan harapannya masyarakat benar-benar merasakan keberadaan Posramil Puncak Senyum Satgas Satuan Organik Yonif R 301/Pks sebagai Posramil Satgas yang baru.

“Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Kampung Irimuli yang sudah mau bekerja sama menangani jalan dan saluran air akibat longsor sehingga jalan yang merupakan akses masyarakat menghubungkan antara Kabupaten tersebut dapat digunakan kembali oleh masyarakat,” ucap Lettu Inf Pendik Siswanto.

Selama kegiatan tersebut berlangsung, disambut baik oleh Kepala Kampung Irimuli Baoak Yokiron Wonda dan Kepala Distrik Irimuli Tekiles Wonda.

Lebih lanjut diungkapkan Kepala Kampung Irimuli Baoak Yokiron Wonda bahwa bersyukur dan senang dapat bekerja sama antara Satgas Satuan Organik Yonif R 301/Pks guna terciptanya Kampung Irimuli yang aman.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Satgas Satuan Organik Yonif R 301/PKs yang sudah berkenan dan ikhlas membantu kegiatan gotong-royong ini dan dengan suka cita bekerja sama menangani jalan dan saluran parit yang tertimbun akibat longsor,” ungkap Kepala Kampung.