Pasific Pos.com
Papua Tengah

Pasar Ikan Murah Diserbu Warga

NABIRE – Pasar ikan murah langsung diserbu warga, Selasa (3/7) kemarin di lokasi Pasar Sore Siriwini atau KPR Nabarua. Hasil pantuan media ini, dalam rangka jual ikan murah karena kemarin sempat ada kenaikan harga ikan, dan sekarang ikan kembali normal, tapi yang ada di pasar sore terlihat warga berdesakan karena harga ikan murah sekali.

Bahkan dalam kurun waktu satu jam semua sudah ludes dibeli oleh warga. Pasar Sore sebenarnya ikan murah sudah mulai dari kemarin, hanya saja masyarakat Nabire belum ada yang tahu. Dan sekarang kami menjual harga ikan normal kembali, kata seorang pedagang ikan.

Yang disediakan ikan, kombong, cakalan, ikan merah, kakap dan ikan puri, harga ikan murah ini pertumpukan tidak, seperti biasanya, tumpukannya sekitar 12 sampai 15 ekor ada yang sampai 2 jari, 3 jari dan 4 jari. “Harga ikan murah kami patok harga Rp.10.000 sampai Rp.50.000, pokoknya murah-murahlah,” kata penjual ikan di pasar Sore yang enggan disebutkan namanya.

Saat harga ikan pasar ikan mahal usai hari lebaran, naik cukup lumayan tinggi, oleh karena itu usai kenaikan harga kami dengan teman-teman sendiri hanya memberikan kejutan dengan harga ikan murah. “Dan semetara itu harga mulai besok sudah kembali normal,” tandasnya.

Menurutnya, Nabire harus bisa membuat basar-basar, mungkin seperti ikan murah atau apa sajalah yang bisa dijangkau oleh masyarakat Nabire. “Memang sering kami lihat dan dengan pihak swasta kadang memberikan harga murah, seperti minyak goreng, gula dan lainnya. Tapi harus diingat jangan sudah dekat tahun baru mulai jual murah, kalau seperti itukan bikin kita kecewa,” ketusnya.

Ya, kalau bisa pemerintah daerah memberikan hal-hal seperti itu, supaya masyarakat juga bisa merasakan harga murah yang dibuat oleh pemerintah kabupaten Nabire. “Jangan hanya mencari kepentingan pribadi. Lihat juga kondisi-kondisi di pasar kami, aliran air (pembuangan) tidak mengalir, jalan becek dan masih banyak lainnya, kalau seperti ini harus segera diperbaiki,” harapnya. (ris)