Pasific Pos.com
Papua Selatan

Partisipasi Pemilih Diharapkan Meningkat

MERAUKE,ARAFURA,- Anggota KPU Kabupaten Merauke Divisi Teknis Pemilu, Gregorius Teguh Raharyo, S. Hut mengatakan dari tahun ke tahun partisipasi masyarakat Merauke dalam Pemilu semakin menurun. Pada Pilkada Tahun 2015 silam partisipasi pemilih hanya mencapai 60 persen. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor yaitu kemungkinan terjadi pendobolan nama, data yang tidak akurat dan beberapa faktor lainnya.

“Kedepan partisipasi pemilih menjadi salah satu faktor yang akan diperhatikan dengan baik, sehingga partisipasi pemilih dapat meningkat. Kita juga akan lebih memperhatikan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dengan ‘membersihkan’ daftar pemilih diharapkan partisipasi Pemilu dapat meningkat pada pemilihan berikutnya,”ungkapnya kepada wartawan di Aula Kanol Sai, baru-baru ini.

Ia berharap bantuan dan kerjasama dari Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk melakukan sosialisasi. Ia mengakui, tidak semua petugas melakukan tugasnya dengan baik, tetapi dengan sistim data Pemilu akan dapat mendekati akurasi dan dapat ditingkatkan, sehingga partisipasi pemilih dapat meningkat.