Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Parpol Pendukung Ingin Wabup Keerom Anak Daerah

Bobi Yikwa : Kami Koalisi Bersatu Persiapkan Anak Asli Keerom

 

Jayapura, – Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Keerom, Bobirius Yikwa yang juga sebagai pengurus partai politik yang mengusung Calcius Watae(almarhum)-Markum sebagai calon bupati dan wakil bupati Keerom dalam Pilkada 2015 lalu, menginginkan anak daerah yang menjabat sebagai wakil bupati. Untuk menggantikan Markum, yang beberapa waktu lalu dilantik sebagai bupati keerom.

Yang mana bupati sebelumnya, Celcius Watae telah meninggal dunia. Sehingga yang harus menggantikan almarhum adalah anak daerah setempat.

“Kami parpol koalisi akan bersatu mempersiapkan anak asli Keerom untuk mengisi kekosongan kursi wakil bupati,” tandas Bobirius Yikwa di Kantor DPR Papua, Kamis (7/6/18).

Lanjut dikatakan, sementara ini sudah ada dua nama yang muncul. Namun kami akan dorong siapa pun anak asli Keerom yang punya kapasitas, untuk duduk sebagai wakil bupati.

Bahkan, Bobi membeberkan satu dari dua nama yang kini muncul untuk menduduki posisi wakil bupati Keerom, yakni Izak Yunam, dan Partai Demokrat yang cenderung mendukung Yunam sebagai wakil bupati.

“Teman-teman di DPRD Keerom juga sudah sepakat. Beliau ini (Izak Yunam) orang tua, (sudah memiliki banyak pengalaman). juga pernah menjabat ketua DPRD Keerom,” ungkap Bobi yang juga sebagai Anggota DPR Papua.

Selain pihak Partai Demokrat kata Bobirius Yikwa, partai lain yang berkoalisi dengan Demokrat dalam pilgub Keerom lalu di antaranya, Hanura, NasDem, PKS, PPP, dan PKB yang juga ingin anak asli Keerom menempati posisi wakil bupati.

“Mereka llebih tahu kondisi masyarakatnya dan langkah yang akan diambil dalam melaksanakan pemerintahan,”ucapnya.

Apalagi sambung Bobi, jika bupati Keerom sebelumnya almarhum Calcius Watae adalah anak asli di sana. Itu juga menjadi pertimbangan.

“Jadi anak asli harus dihargai dan harus diberikan kesempatan. Pelantikan wakil bupati Keerom kemungkinan dilakukan usai pilgub Papua,” pungkasnya. (TIARA)