Pasific Pos.com
Papua Barat

Parjal Tolak Kedatangan Kapolri Jika Tak Melantik Pietrus Waine

Manokwari, TP – Parlemen Jalanan (Parjal) Papua Barat menyatakan sikapnya menolak kedatangan Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian ke Manokwari, Papua Barat, jika tidak segera melantik Brigjen Polisi Pietrus Waine sebagai kapolda Papua Barat.

Hal ini diutarakan, Panglima Parjal Papua Barat, Ronald Mambieuw saat berorasi di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari, Rabu (24/1).

Ia menegaskan, kebanggaan terbesar Parjal dan seluruh bangsa Papua, jika sebelum peresmian markas Polda Papua Barat, Brigjen Polisi Pietrus Waine sudah dilantik menjadi kapolda Papua Barat.

Menurutnya, Pietrus Waine sangat layak memimpin Polda Papua Barat, karena sesuai amanat Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus (Otsus), menyatakan bahwa putra dan putri asli Papua di Korps Kepolisian dan TNI, wajib dipromosikan.

“Sekarang beliau sudah berpangkat Brigjen Polisi, kenapa tidak dilantik sebagai kapolda Papua Barat,” tanya Mambieuw.

Ia berharap Kapolri memberikan ruang dan kesempatan bagi Pietrus Waine untuk menjabat kapolda Papua Barat. “Pokoknya kami akan tolak dengan tegas kedatangan Kapolri kalau tidak melantik Brigjen Polisi Pietrus Waine. Itu janji beliau jadi harus ditepati,” tukasnya.

Mambieuw menegaskan, apa pun yang akan terjadi, pihaknya tidak akan berkompromi untuk menolak tegas kedatangan Kapolri jika tidak menanggapi permintaan ini. [BOM-R1]