Pasific Pos.com
Papua Selatan

Parade Lima ‘Raja Tifa’ Siap Meriahkan Hari Jadi Kota Merauke

MERAUKE,ARAFURA,- Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan bertepatan dengan moment peringatan Hari Jadi Kota Merauke adalah parade Lima ‘Raja Tifa’. Parade tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada masyarakat Malind dengan menampilkan lima sub suku yang ada di Tanah Malind.

Hal itu dikemukakan Ketua Panitia Hari Jadi Kota Merauke ke 116, Felix Liem Gebze, ketika dikonfirmasi wartawan di Halaman Kantor Bappeda dan Litbang, Rabu (24/1/18). Dikatakan, saat parade yang digelar bersamaan dengan karnaval itu akan ditampilkan seluruh sub etnis dari masyarakat Malind.

Ini juga sebagai destinasi wisata di Kabupaten Merauke, sehingga akan menarik orang untuk datang. Kegiatan tersebut sebenarnya adalah program dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, namun dimunculkan dalam moment Hari Jadi Kota Merauke ke 116.

“Masing-masing sub etnis Malind akan muncul, termasuk marga-marga. Ini identitas bahwa kami seperti ini,”ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam moment parade dan juga karnaval akan diberikan penghargaan kepada masyarakat Malind Imbuti untuk pembukaan karnaval. Ini untuk mengundang masyarakat dari gang-gang dengan main gatsi sampai ke Taman Mandala sambil menunggu peserta yang lain. Untuk pelaksanaannya, akan dilaksanakan Tanggal 10 atau 11 Februari 2018 mendatang.

“Untuk karnaval ini, kita akan berikan penghargaan sebesar-besarnya kepada pemilik tanah ini (Kota Merauke) masyarakat Malind Imbuti. Kita berikan penghargaan, untuk karnaval mereka itu jalan duluan,”tukasnya.