Pasific Pos.com
Papua Tengah

Para Guru Honor Sampaikan Harapan ke DPRD Deiyai

DEIYAI – Para guru honorer yang mengajar di sejumlah sekolah yang ada di wilayah Deiyai, pada tanggal 13 Februari 2018 lalu mendatangi kantor dewan untuk menyampaikan harapan mereka melalui bentuk aksi demo. Kepada lembaga DPRD sebagai wakil rakyat, yang juga merupakan tempat penampung aspirasi rakyat para guru honorer ini telah menyampaikan harapannya.

Para pendemo atau para guru honorer ke kantor DPRD ini membawa sejumlah pamplet yang bertuliskan sesuai dengan aspirasinya, sebelum aksi yang sama di halaman Dinas P dan P Deiyai, Tigido.

Para pedemo, setelah tiba di halaman kantor DPRD melakukan orasi secara bergantian sesuai keinginan dan harapan mereka, selanjutnya mereka menyampaikan aspirasinya secara tertulis ke DPRD melalui Bagian Umum Setwan Deiyai.

Aksi demo yang dilakukan oleh para puluhan guru honor ini terkait kesejahteraan mereka yang dituangkan dalam beberapa poin tertulis dimaksud untuk dapat diperhatikan oleh pemerintah daerah melalui dinas teknis, bahkan dari semua pihak yang terkait demi memajukan dunia pendidikan di daerahnya.

Salah seorang pendemo, Don M, melalui orasinya menyampaikan, guru honorer juga punya peranan penting dalam memajukan dunia pendidikan di daerah, karena sebagian besar guru yang mengajar di sekolah-sekolah di Papua adalah guru honorer. Seorang guru honor ini, bukan baru muncul tetapi ada sejak dahulu tetapi sayangnya, menjalankan tugas seorang guru honorer, mengajar tanpa upah gaji tetap merupakan sebuah kepedulian.

Oleh karena itu, menurutnya, dengan melihat dan mengingat kondisi para guru honorer yang ada di Deiyai khususnya kedepan dapat diperhatikan sesuai dengan keluhan yang disampaikan melalui aksi demo tersebut agar para guru honorer juga dapat menikmati kesejahteraannya, terutama upah honor, dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang guru honor di Deiyai.

“Kami berharap para anggota dewan dapat menyikapinya agar melalui upaya-upaya yang akan dilakukan dapat membawa suatu perubahan dan kemajuan di daerah ini. Untuk itu, dengan betapa pentingnya tugas guru honorer khususnya, akan terus terbangun dunia pendidikan di daerah ini,” tambahnya.

Usai penyampaian orasinya, para pendemo langsung menyerahkan aspirasinya secara tertulis kepada DPRD Deiyai melalui Bagian Umum Sekretariat Dewan Kabupaten Deiyai. (henbob)