Pasific Pos.com
Info Papua

Papua Target Juara Beberapa Kategori di Ajang Pesparawi

JAYAPURA,- Ketua Umum Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Provinsi Papua, Elia Loupatty menyampaikan persiapan kontingen Pesparawi Papua sudah bagus.

Hanya saja, pihaknya berharap agar Kabupaten yang ikut terlibat dalam pespawari tingkat Nasional tahun 2018 ini agar mempersiapkan diri lebih baik.

“persiapkan kita sudah baik sejak pulang dari Pesparawi di Kaimana tahun lalu. Untuk itu, saya harapkan di Pesparawi tingkat Nasional di Pontianak kita bisa memberikan hasil yang lebih baik untuk Papua,”kata Loupatty disela-sela pelepasan kontingen di Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Senin (16/7/2018).

Menurut Loupatty, walaupun ini adalah ajang bidang seni, namun pihaknya kini membawa kepolisian untuk mendampingi tim kontingen pesparawi Papua.Hal ini penting untuk menjaga keamanan bagi semua peserta.

“Karena ini tim, untuk itu semua harus kompak dan saling menjaga satu sama lainnya.Paling penting disini harus mengkedepankan prestasi,target kita paling tidak bisa membawa pulang juara di beberapa nomor lomba yang di ikuti nanti,”tuturnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Noak Kapisa dalam sambutannya pada pelepasan kontingen Pesparawi tingkat Nasional ke XII di Pontianak Kalimantan Barat 27-4 Agustus 2018, menyampaikan pesparawi adalah wadah yang merpersatukan bagi semua umat Tuhan.

“Jadi momentum Pesparawi adalah wujud nyata kasih Tuhan kepada kita semua yang dimanifestasikan melalui pujian-pujian dan lagu yang akan kita persembahkan bagi hormat dan kemulian nama Tuhan,”ungkapnya.

Kata Noak, salah satu dampak positif dari kegiatan ini adalah menghadirkan sebuah keterbukaan diantara denominasi gereja yang ada,sehingga memungkinkan terjadi dialog kearah terciptanya kerukunan interen yang aktif dikalangan umat kristiani.

Selain itu pula kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan serta kerja sama agar terciptanya kerukunan umat kristiani dana Pemerintah serta menjalni hubungan kerja sama dengan agama lainnya.

“Pesparawi merupakan bagian dalam mendukung budaya bangsa yang beraneka ragam yang bernafaskan iman Kristen.Sehingga kegiatan ini mendorong umat Kristen termotivasi memuji Tuhan dengan segala cara seperti menyanyi,memetic kecapi, menabuh rebana dan lain-lain,”ucap Noak.

Naok juga minta agar  kontingen Pesparawi Papua tidak semata-mata mengikuti pertandingan dan mengejar piala. Tetapi diharapkan pesta rohani ini lebih mengutamakan segi keagamaan yang dilandasi oleh kasih.

“Tentu kita berharap nanti kontingen pesparawi Papua bisa mendapatkan hasil maksimal di sana.Paling tidak dari sekian nomor lomba yang diikuti Papua bisa membawa pulang medali emas,”tutupnya.