Menu

Line 1

Custom Search

Pemilihan Pengurus KNPB 'Dibubarkan' TNI-Polri

  • Ditulis oleh Super User
Penilaian: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
TerburukTerbaik 

Manokwari, - Anggota Polda Papua Barat, Polres Manokwari, Brimob, di-back up anggota Kodam XVIII Kasuari, membubarkan paksa pemilihan pengurus Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Jl. Gunung Salju, Amban, Manokwari atau tepatnya di lahan terbuka samping Polsek Amban, Sabtu (6/5).


Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Martuani Sormin mengatakan, aksi pembubaran itu dilakukan karena kegiatan yang dijalankan KNPB tidak mengantongi izin.
Menurutnya, siapa pun bisa menyampaikan pendapat di muka umum, tetapi harus berdasarkan aturan dan undang-undang yang berlaku.
"H-3 atau 2 x 24 jam sebelum melakukan kegiatan, pihak yang bersangkutan harus melapor ke kepolisian tentang maksud dan tujuan dari kegiatan, jumlah massa yang diturunkan, alat yang digunakan, dan siapa penanggung jawab kegiatan," kata Kapolda kepada para wartawan di Polsek Amban, Sabtu (6/5).
Ditambahkannya, hal itu dilakukan agar pihak kepolisian setempat bisa memberikan jaminan pengamanan kegiatan yang dilaporkan tersebut. Mengenai jumlah personil yang diterjunkan kali ini, Sormin mengatakan, sekitar 500-an personil.
Meski demikian, ia berharap ada 5 hal yang harus dipatuhi, seperti menjaga dan menghormati hak asasi manusia (HAM), tidak melakukan pelanggaran hukum, tidak mengganggu keamanan dan ketertiban umum, tidak menimbulkan bencana, dan paling penting, menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
"Ketika ada kegiatan-kegiatan yang bertentangan dengan ini, maka wajib kami bubarkan," ujar Kapolda.
Diutarakan Kapolda, NKRI sudah menjadi harga mati dan bersifat final, sehingga tidak ada satu pun yang bisa mengancam keutuhan NKRI. [CR40-R1]

  • No comments found

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
Info for bonus Review bet365 here.