Pasific Pos.com
Papua Barat

Papua Barat akan Gelar STQ Tingkat Provinsi

Manokwari, – Provinsi Papua Barat dijadwalkan akan mengikuti kegiatan Selekti Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional di Jakarta pada bulan Juni 2015. Namun sebelum itu Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Papua Barat akan menyelenggaran STQ tingkat Provinsi pada bulan Maret sampai dengan April 2015.
Ketua LPTQ Papua Barat, Musa Kamudi mengungkapkan kegiatan STQ Provinsi dan Kabupaten digunakan untuk memilih para qori dan qoriah terbaik Provinsi Papua Barat untuk berlaga di tingkat Nasional.
Ditanya mengenai apakah dalam STQ Nasional Papua Barat masih akan mendatangkan qori dan qoriah dari luar untuk memperkuat tim, Kamudi mengaku hal tersebut adalah bukan kebijakan Provinsi tetapi Kabupaten/Kota. “Kita kirimkan hasil STQ Provinsi, yang juara yang kita kirimkan, kita tidak tahu qori itu sewaan atau tidak, tapi kalaupun sewaan, semua Provinsi juga melakukan hal yang sama untuk mendapatkan juara ditingkat Nasional,”katanya.
Sementara untuk pemberdayaan putra daerah, Ia berharap kedepannya peserta STQ banyak di dominasi putra daerah. “Jangka pendek belum bisa, tapi kedepan kita harapkan bisa dengan melihat potensi putra daerah yang bagus, kita bisa titipkan di pondok pesantren diluar Papua, saya harapkan semua Kabupaten/Kota bisa melakukan hal ini.[CR 30]