Pasific Pos.com
Headline

Panwas Batalkan SK Penetapan Paslon KPU Mimika

Timika, – Panwaslu Mimika membatalkan SK KPU kabupaten Mimika Nomor 05/HK.03.1-Kpt/9109/KPU-Kab/II/2018 tentang penetapan pasangan calon dalam pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten Mimika Tahun 2018.

Pembatalan ini dinyatakan oleh Panwas dalam sidang musyawarah penyelesaian sengketa pasangan calon bupati dan wakil Bupati kabupaten Mimika Paslon Eltinus Omaleng dan Jhon Rettob (OMTOB), Senin (5/1/18) di kantor Sentra Gakkumdu (penegakan Hukum terpadu), Jl. Yos Sudarso, distrik Mimika Baru, kabupaten Mimika.

Sidang musyawarah ini dengan agenda mendengarkan putusan dari pimpinan musyawarah Panwaslu kabupaten Mimika yang dipimpin oleh Ketua Panwaslu, Toni Agapa didampingi oleh Fransiskus Kemong, Yohanes Wato, Imelda Ohee Dan kuasa hukum dari KPU Mimika, kuasa hukum Omtob serta pasangan calon.

Dari pantauan Pasific Pos di ruang sidang, sidang musyawarah ini sempat ditunda selama dua jam.

Sidang dimulai lagi pukul 15.00 WIT diawali dengan pembacaan tata tertib dan dilanjutkan dengan pembacaan putusan.

Toni Agapa mengatakan, mengingat UU No 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota menjadi undang undang sebagaimana telah diubah terakhir kali dengan UU nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah penggantin UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi UU.

Peraturan Badan pengawas pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2017 tentang tata cara penyelesaian sengketa pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Pertama, Panwaslu memutuskan mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian.

Kedua, membatalkan keputusan KPU kabupaten Mimika Nomor 05/HK.03.1-Kpt/9109/KPU-Kab/II/2018 tentang penetapan pasangan calon dalam pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten Mimika tahun 2018 atas nama Martinus Omaleng SE, MH dan Johannes Rettob S.sos MH tertanggal 18 Februari 2018.

Ketiga, meminta kepada KPU kabupaten Mimika untuk memferivikasi ulang keabsahan ijasah melalui laboratorium forensik serta meminta kepada KPU kabupaten Mimika untuk melaksanakan keputusan ini.

Ketua Panwas juga mengingatkan KPU agar putusan ini harus dilaksanakan dalam tiga hari mendatang.

Sementara itu di luar ruang Sidang sempat terjadi kericuhan saat salah satu calon bupati, Hans Magal dan pendukungnya tiba di kantor Panwaslu.

Namun kericuhan ini dapat cepat diredam oleh Kapolres Mimika, AKBP Indra Hermawan.

Pada Sidang musyawarah yang juga digelar sore hingga malam atas Sidang penyelesaian Sengketa pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika paslon Maria Florida. Kotorok SE, MH, Kes dan Yustus Way (MARIUS) Dan juga perkara atas paslon Philipus Wakerwa dan H. Basri (Pilbas), Panwaslu memutuskan pertama menerima permohonan pemohon sebagian.

Kedua, Memerintahkan kepada KPU Kabupaten Mimika untuk meneliti dan memferivikasi kembali jumlah dukungan perseorangan atas nama Maria Florida Kotorok SE,MH, Kes dan Yustus Way S.Sos dan juga atas paslon Philipus Wakerwa dan H. Basri dalam pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Mimika tahun 2018.

Ketiga, memerintahkan kepada KPU kabupateb Mimika untuk melaksanakan perumusan ini.