Pasific Pos.com
Papua Selatan

PANGKOOPSAU III Tinjau Fasilitas Lanud Merauke

MERAUKE,ARAFURA,- PANGKOOPSAU III, Marsekal Pertama TNI Tamsil Gustari Malik,SE melakukan kunjungan kerja ke wilayah Lanud Merauke. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama, sejak dibentuk satuan baru Komando Operasi Angkatan Udara (KOOOPSAU III) yang bermarkas di Biak, Papua. Dalam kunjungannya, PANGKOOPSAU III mengunjungi sejumlah fasilitas yang ada di Lanud Merauke.

“KOOPSAU III sebagai satuan baru, membawai wilayah Papua, Papua Barat dan Maluku, Ambon, Kupang dan Morotai. Ada beberapa Lanud di wilayah KOOPSAU III. Kita datang untuk melihat permasalahan-permasalahan,”terangnya kepada wartawan di VIP Room Bandara Mopah, Senin (25/6) sore.

Menurutnya, dengan turun langsung ke Lanud-Lanud maka pihaknya akan mengetahui permasalahan yang ada di satuan-satuan di jajaran KOOPSAU III. Apalagi pembentukan KOOPSAU III dibentuk sesuai rencana umum strategis TNI, sehingga memungkinkan kedepan akan dibentuk satuan-satuan baru di wilayah Papua.

Dengan begitu, kekuatan TNI tidak hanya terpusat di Pulau Jawa tetapi tersebar di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Papua. “Pemerintah berupaya mendistribusikan kekuatan seimbang. Kemudian, dengan KOOPSAU III ditempatkan di Biak, maka akan ditempatkan satuan-satuan TNI di luar Jawa, termasuk satuan tempurnya,”terangnya.

Selain untuk kepentingan pertahanan kedaulatan negara, persebaran kekuatan TNI juga bisa meransang pertumbuhan ekonomi. Karena itu, kedepan juga akan dilakukan pengembangan Lanud dari sebelumnya tibe B menjadi tipe A. Ia berharap, jajaran TNI AU khususnya yang ada di wilayah Merauke untuk bisa meningkatkan kemampuan dalam rangka pembinaan satuan.

“Lakukan kesiapan operasi, karena operasi kita makin hari makin banyak. Kemudian, kesiapan personil, dan pembinaan terus berlanjut. Selain itu, kita siap membantu kepolisian dalam rangka pengamanan Pilkada serentak,”tukasnya.