Pasific Pos.com
Papua Barat

Pangdam XVIII/Kasuari : Papua Barat Aman dari KKB

Manokwari,  TP – Maraknya aksi brutal yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Wilayah Pegunungan Provinsi Papua saat ini menjadi perhatian semua pihak.

Terkait persoalan itu, Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjend TNI Yoppye O. Wayangkau meyakinkan, Papua Barat aman dari KKB.

Dikatakan Jenderal bintang dua ini, untuk wilayah teritorial Papua Barat sampai saat ini aman dan tidak ada masalah.

“Kita selalu menjaga wilayah ini supaya tetap aman dan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian terutama masyarakat setempat,” ucap Pangdam kepada para wartawan di Kantor Gubernur Papua Barat, Selasa (3/7).

Bahkan, lanjut dia, masyarakat juga turut dilibatkan dalam proses pengamanan dan diharuskan ikut bertanggung jawab dengan kondisi wilayah yang ada.

Sebab, menurut Pangdam, jika kondisi wilayah terganggu maka otomatis proses kehidupan masyarakat juga ikut terganggu, untuk itu harus ada suatu kesepakatan untuk menjaga wilayah masing-masing.

Baginya, KKB adalah kelopok kriminal yang harus diatur sesuai aturan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya mahu himbau kepada masyarakat, tanah inj tempat kita,  jadi kita jangan mengharapkan orang lain mengamankan daerah kita,  harus kita sendiri yang jaga,” tandas dia. [BOM]