Pasific Pos.com
Headline

Pangdam : Papua Aman

Jayapura,- Kondisi keamanan Papua saat ini aman. Demikian dikatakan Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cendrawasih Mayjend TNI Christian Zebua kepada wartawan pekan lalu di makodam.
“Seperti yang kita liat sekarang bahwa semuanya normal,  tidak ada masalah,” ujar Pangdam.
Lanjutnya , bahwa saat ini  sudah terjadi paradigma baru di dalam masyarakat sekarang. Pangdam memberikan contoh di kabupaten Puncak Jaya, dimana masyarakatnya sudah resistensi  terhadap goliat tabuni,  malah bendera goliat tabuni sudah dipotong oleh mereka.  “Informasi ini diperoleh  dari bupati Henock Ibo kemarin dengan saya, dan masyarakat tidak menerima lagi perjuangan-perjuangan mereka demikian juga Lanny Jaya mereka menolak kehadiran dari kelompok-kelompok bersenjata,” ujar Pangdam.
Lanjutnya, masyarakat sudah sangat sadar bahwa mereka tidak butuh lagi perjuangan bersenjata karena apa yang mereka inginkkan sebenarnya  mereka mulai capai.  kesejahteraan  semakin meningkat mereka tidak dibawah rasa ketakutan, pendidikan, kesehatan meningkat dan kita yakin kedepan semakin baik dan ini perubahan paradigma. Demikian juga yang diperbatasan yang lalu seorang ondoafi menyatakan kembali ke pangkuan NKRI, apa yang dia sampaikan ke saya “Bapak saya sepuluh tahun keluar masuk disini, saya melihat di PNG makan sulit,  cari kerja sulit tidak ada rasa aman di sana, sementara di Indonesia sendiri di  papua begitu sejahtera mereka sehingga saya sekarang memutuskan mau jadi warga negara Indonesia. Demikian juga yang terakhir terjadi di Ransiki dimana dari mantan kelompok OPM  dari  Kasuari 1 dan Kasuari dua menyerahkan 8 pucuk senjata.
“Mereka sadar bahwa  perjuangan itu sebenarnya salah,  sekarang  mereka harus berjuang bagaimana mereka membangun negerinya membangun Indonesia ini yang diinginkan oleh masyarakat hingga percayalah kedepan akan semakin lama semakin baik itu kondisi keamanan saat ini.