Pasific Pos.com
Papua Selatan

Paino: “Kesadaran Masyarakat Masih Minim”

MERAUKE,ARAFURA,- Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Merauke, Paino mengatakan keterbatasan jumlah petugas sampah harian lepas Dinas Perumahan Rakyat dinilai masih sangat minim, sehingga diharapkan adanya partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk membersihkan sampah-sampah yang berada di halaman atau depan rumahnya. Tanpa harus menunggu petugas kebersihan.

“Kesadaran masyarakat masih sangat rendah karena di depan rumahnya mereka sendiri tidak membersihakan dan menunggu pemerintah untuk membersihkannya,” tuturnya di Halaman Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Merauke, Jumat (22/6) lalu.

Ia berharap, partisipasi masyarakat dapat ditingkatkan. Pasalnya, dari sisi anggaran dan jumlah personil yang di lapangan sangat kurang sehingga pihaknya berharap ada kesadaran masyarakat untuk membersihkan sampah dan membuang pada tempatnya sehingga tidak mengganggu pemandangan dan keindahan Kota Merauke.

Sementara itu, pembersihan sampah dilakukan per wilayah tetapi sangat jelas terlihat kesadaran masyarakat untuk hidup bersih masih sangat rendah. Sebagai contoh, minggu pertama dibersihkan ketika masuk minggu kedua sampah sudah mulai menumpuk. “Sampah plastik dan minuman kaleng banyak ditemukan di got atau saluran. Sementara untuk dananya dianggarkan sekitar 200 juta,” jelasnya.

Paino meminta masyarakat untuk ambil bagian dalam menjaga kebersihan Kota Merauke. Pihaknya juga akan terus berupaya secara maksimal untuk menangani sampah-sampah yang ada di saluran muaupun drainase.