Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Padat Karya Pengurangan Pengangguran di Kota Jayapura

 

JAYAPURA, – Guna membantu perluasan kesempatan kerja dan pengurtangan pengangguran, Pemerinrah Kota Jayapura membuat program padat karya perkotaan.

Program padat karya ini agar warga yang menganggur juga memperoleh penghasilan pada waktu tertentu, tapi juga memperindah Kota Jayapura.

“Bagi yang belum juga mendapat kesempatan pada Agustus nanti bisa juga mendapatkan kesempatan,” kata Ketua Panitia Program Padat Karya Perkotaan, Julius Kare di Kantor Distrik Jayapura Selatan, Kamis (22/2/18).

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan melalui program pemerintah itu, masyarakat diberdayakan untuk menyerap tenaga kerja.

“Saya harap ini diselektif dengan baik. Artinya rekrut yang betul-betul belum kerja karena ini hanya pekerjaan jangka pendek. Kalau ada yang bagus dibina dengan baik. Kalau ada yang bagus kasih pengharagaan,” kata Rustan.

Rustan menghimbau agar bekerja dengan baik dan tidak asal-asalan dengan menggunakan cat yang bagus sehingga hasilnya bertahan lama.

“Semua yang kita kerjakan harus dengan niat baik. Jangan lihat jumlahnya tapi berkatnya. Pemerintah tetap peduli dengan membuat program ini untuk mengurangi pengangguran,”kata Rustan.

Dengan dana Rp 3 miliar, program padat karya perkotaan ini melakukan pengecetan mulai dari Distrik Heram hingga sampai Distrik Jayapura Selatan, berupa pengecetan dinding talud dan pembatas jalan di jalan-jalan umum.

Begitu banyak proposal yang masuk, Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura hanya bisa mengakomodir 55 kelompok saja. Satu kelompok berjumlah 10 orang.

Perkotaan Padat Karya Perkotaan ini dilakuakan tiga tahap, yaitu menjelang HUT Kota Jayapura ke-108, HUT-RI pada Agustus mendatang dan Desember menjelang Natal dan Tahun Baru.