Pasific Pos.com
Papua Selatan

Owner Kedai Koplink Gelar Battle Untuk Baristanya

Jun, salah satu barista saat unjuk kebolehan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,- Owner Kedai Kopi Koplink, Takdir Hamzah tidak hanya dikenal karana piawai dalam meracik kopi namun Takdir juga kaya akan inovasi, tidak saja dalam hal menciptakan racikan kopi dengan varian baru tetapi juga aktif melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan skill para baristanya. Seperti yang ia laksanakan Kamis lalu, tiga barista dari kedainya ia ikutkan dalam ajang battle petugas seduh kopi Koplink dimana para barista diminta untuk dapat memperagakan cara meracik signature drink yang merupakan minuman berbahan dasar kopi.

Setiap peserta meracik sesuai dengan kemampuan dan juri akan menilai hasil dari racikan tersebut. Tiga barista yang bekerja pada Koplink untuk pertama kalinya mengikuti kompetisi ini dan mereka sangat antusias apalagi hadiah yang diberikan cukup menarik. Adapun beberapa penilaian yang difokuskan oleh dewan juri antara lain tentang kemampuan teknis dalam mempresentasikan alat dan bahan serta rasa dan konsep menu.

“Lomba ini baru pertama kali kita adakan, ide ini berawal ketika dilaksanakan Barista Championship beberapa waktu lalu dimana salah satu menu yang dilombakan adalah signature drink,”jelas Takdir kepada ARAFURA News di sela-sela lomba. Takdir mengungkapkan, pihaknya melaksanakan lomba tersebut untuk mengasah kemampuan baristanya, baik saat tampil mempresentasikan minuman maupun kemampuan dalam berinovasi meracik kopi.

Adapun yang berhasil keluar sebagai juara pertama atas nama Jusuf dengan menu kopi Jagebob nanas dan gula aren, juara dua atas nama Jun dengan menu sweet orange coffee dan juara ketiga diraih oleh Jerry dengan menu es kopi rempah. Sedangkan yang bertindak sebagai juri yaitu Franky Wohel (ketua) didampingi Alex dan Andre selaku anggota. Para juara menerima hadiah berupa uang tunai dan piala.**