Pasific Pos.com
Papua Selatan

OSN Tingkat Sekolah Dasar

‘Disdikbud Yakin Ada Siswa Wakili Merauke Ke Tingkat Nasional’

MERAUKE,ARAFURA,- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke kembali menggelar Oliampe Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Merauke. Kegiatan ini sebagai ajang penyaluran bakat dan minat para peserta didik, serta mengukur kapasitas kemampuan mereka dan menyaring siswa guna mewakili Kabupaten Merauke di tingkat provinsi hingga nasional.

Kasie Siswa dan Kurikulum Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Yohanes B. Krisno, S.Pd mengatakan lomba ini untuk menjaring bibit unggul dan berprestasi. “OSN tingkat SD diikuti oleh 40 sekolah yang ada di Kbaupaten Merauke. Pemenang pertama dan kedua akan mewakili Kabupaten Merauke untuk bertanding di tingkat provinsi dan selanjutnya ke tingkat nasional,” ujarnya di Hotel Akad, Senin (5/3) lalu.

Menurutnya, kemampuan para siswa yang ada di Kabupaten Merauke tidak kalah saing dengan kemampuan siswa dari daerah lain. Hal ini dibuktikan pada ajang-ajang sebelumnya Kabupaten Merauke mampu bersaing dengan sekolah lain hingga ke tingkat nasional. Tetapi masih perlu didukung dengan fasilitas yang ada di sekolah sehingga diharapkan alat peraga yang ada di sekolah dasar dapat ditunjang.

“Ada dua mata pelajaran yang diperlombakan diantaranya matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),” terangnya.

Ia berharap, olimpiade ini siswa dapat meningkatkan kreatifitas siswa dan dapat mengembangkan kemampuan akademis dalam proses pembelajaran. Diharapkan, pada OSN tingkat provinsi hingga nasional Kabupaten Merauke dapat meraih juara dan meningkatkan prestasinya baik akademik maupun non akademik.