Pasific Pos.com
Papua Selatan

Ormawa Diminta Fokuskan Program Kerja Akademik

MERAUKE,ARAFURA,-Presiden BEM Unmus, Ronny Imanuel Rumboy mengharapkan agar seluruh Ormawa peserta Raker KM Unmus dapat memfokuskan program kerja di bidang akademik terlebih dahulu. Pasalnya tahun ini dan di tahun-tahun berikutnya tengah gencar dilakukan berbagai upaya untuk peningkatan akreditasi Unmus. Adapun salah satu poin yang diperhitungkan untuk mencapai akreditasi tersebut adalah kegiatan mahasiswa.

Oleh sebab itu ia mengajak seluruh Ormawa yang ada di kampus untuk bergandengan tangan bersama BEM Universitas dan senantiasa saling mendukung sehingga menjadi satu organisasi mahasiswa yang utuh milik Unmus. Dalam hal ini BEM Universitas akan terus mengontrol BEM Fakultas dan BEM Fakultas yang akan bertanggung jawab untuk seluruh HMJnya. Sedangkan untuk UKM akan langsung dipertanggungjawabkan oleh kemahasiswaan sesuai dengan struktur yang sebenarnya.

“Jadi mari kita saling dukung dan bermusyawarah untuk mencapai hasil tersebut. Kalau teman-teman datang lalu hanya duduk dan setelah itu pulang begitu saja maka akan rugi sendiri. Oleh karena itu harus mengikuti Raker dengan baik karena pertemuan kita ini khusus untuk membahas program kerja kalian untuk satu tahun ke depan. Saya harapkan juga kepada seluruh ketua Ormawa untuk tetap komit membantu tercapainya visi misi kampus karena jika tercapai maka manfaatnya akan kembali ke kita juga,”ujarnya pada pembukaan Raker KM Unmus bersama Ormawa di gedung PKM, Selasa (6/2) lalu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tujuan pelaksanaan Raker kali ini untuk mengimplementasikan program unggulan BEM KM UNMUS 2018 yaitu menerapkan Program Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang berfungsi untuk terealisasinya satu grand design induk Ormawa Unmus. Grand design induk ini penting dilakukan agar BEM dapat menganalisa program kerja organisasi mahasiswa yang ada di lingkungan kampus untuk satu periode ke depan. Program-program kerja Ormawa yang disampaikan kepada BEM akan dibahas selama Raker.

Seperti yang diketahui beberapa permasalahan dalam kurun waktu belakangan ini masih terletak pada program kerja. Diakui beberapa program masih bermasalah karena banyak mahasiswa yang belum memahami seperti apa administrasi di dalam kampus dan bagaimana proses pencairan dana di kampus. Jadi perlu dilakukan upaya-upaya sehingga permasalahan ini tidak kembali terjadi di kalangan mahasiswa. “Saya harapkan teman-teman datang ke tempat ini untuk fokus mengikuti Raker guna mendapatkan output yang tentunya diinginkan semua mahasiswa,”pungkasnya.

Sementara itu Kabag Kemahasiswaan Unmus, Norce Mote, S.Si.M.Si mengemukakan bahwa Ormawa tentunya sudah menyusun program-program unggulan dan strategis yang akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan. Oleh sebab itu semua yang menjadi peserta Raker selama tiga hari sejak tanggal 6 sampai 8 Februari dapat pro aktif memberikan sumbangsih, pikiran dan masukan-masukan yang terbaik guna penyempurnaan program yang diusung.

Karena program tersebut disusun secara bersama maka sudah seharusnya dapat dilaksanakan bersama-sama pula. Pada dasarnya, para dosen dan semua pihak yang berada di bagian kemahasiswaan siap membantu dan mendampingi jika selama melaksanakan program nantinya mahasiswa menghadapi kendala atau permasalahan tertentu.