Pasific Pos.com
Headline

Orgenes Wanimbo: Ini Bukti Kegagalan Negara Terhadap Orang Papua

 

Jayapura. – Ketua Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Orgenes Wanimbo menilai rasisme terhadap mahasiswa Papua yang berujung pada eksodus para mahasiswa Papua dari berbagai kota studi karena merasa tak aman.

Bahkan tandas Orgenes Wanimbo, ini merupakan bukti kegagalan negara dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada orang Papua.

Menurut legislator Papua itu, meskipun pemerintah pusat selalu menyatakan Papua bagian dari NKRI dan peduli pada Papua, namun orang Papua masih terus mendapat perlakuan diskriminasi, rasisme, dan intimidasi dari warga negara lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Ini bukti kegagalan pemerintah pusat, ini juga bagian yang bisa dikendalikan. Dan ini masih kewenangan pemerintah pusat. Ini bagian yang gampang diselesaikan. Apalagi bicara pelanggar HAM, tapi ya negara tidak mampu,” kata Orgenes Wanimbo kepada Wartawan di ruang kerjanya, Kamis (12/9/19).

Padahal sambung Orgenes Wanimbo, yang dibutuhkan orang Papua adalah kejujuran dari negara. Namun selama ini hal tersebut tidak dilakukan, karena negara hanya setengah hati terhadap orang Papua.

“Jadi sikap itu hanya melukai hati orang Papua dan selalu merasa diperlakukan tidak adil,” tekannya. (TIARA)