Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Optimalkan Penyelenggaraan Pelayanan Pemerintah Kota Jayapura

 

JAYAPURA, – Guna mengoptimalkan penyelenggaraan pelayanan, Pemerintahan Kota Jayapura, Kejaksaan Negeri Klas IA Jayapura, Polres Jayapura melakukan penandatanganan Nota Perjanjian Kerja Sama (MoU).

MoU yang berlangsung di Hotel Aston Jayapura, pada Rabu (21/2/18) tersebut, tentang koordinasi aparat pengawas internal pemerintah (APIP) tentang laporaan atau pengaduan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

APIP ini bertujuan bila tenuannya adalah kesalahan administrasi tidak dilanjutkan ke ranah pidana agar pelaksanaan pembangunan di daerah tidak terganggu akibat kekhawatiran tindak kriminal yang dibuat oleh pejabat daerah.

APIP ini untuk memperbaiki kesalahan, maka harus ada keterbukaan informasi kerja antara pemeriksa dengan diperiksa sehingga terkesan cuek ketika ada pemeriksaan.

MoU APIP ini juga mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan berwibawa menuju wilayah tertib asministrasi (WTA), tertib aturan, wajar tnpa pengecualian (WTP), dan bebas korupsi.

“Roh MoU ini adalah penegakan hukum, tidak boleh menghambat pelaksaan pembangunan. Semoga dengan perjanjian kerja sama ini kita lebih meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah serta kualitas pelayanan kepada masyarakat di Kota Jayapura,” kata Rustan.

Kepala Inspektorat Kota Jayapura, Ahmad Idrus mengatakan Rakorwasda untuk menyamakan persepsi dan menyepakati tugas-tugas pengawasan di lingkup Pemerintah Kota Jayapura.

“Inspektorat daerah sebagai APIP, memiliki peran kualiti assurance yaitu menjamin bahwa alokasi anggaran untuk membiayai tugas pokok dan fungsi OPD dan unit kerja yang diformuasikan dalam program dan kegiatan,” kata Ahmad.

“APIP ini agar terlaksanakan dengan akuntabilitas baik, terukur dan tidak ada pemborosan anggaran, juga mengawasi efektivitas kelembagaan dan SDM. APIP juga untuk memperkuat kelembagaan,” kata Ahmas menambahkan.

Hadir dalam Rakorwasda, Ketua DPRD Kota Jayapura, Kapolres Jayapura Kota, Kajari Klas IA Jayapura, Kepala Kelurahan, Kepala Sekolah, Kepala Puskesmas, Kepala Kampung, dan Bendahara PPK.