Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Optimalkan Pembinaan Anak-anak Jalanan di Kota Jayapura

 

JAYAPURA, – Dinas Sosial Kota Jayapura akan Gunakan Asrama Port Numbay guna mengoptimalkan pembinaan anak-anak jalanan di Kota Jayapura.

“Kami sediakan asrama Port Numbay sebagai tempat penanganan anak-anak jalanan dengan memberikan pelayanan. Untuk rumah berteduh atau rumah singgah dan pembinaan keagamaan,” kata Irawadi di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (2/3/18).

Asrama Port Numbay yang terletak di Padang Bulan Waena ini akan dijadikan sebagai rumah rehabilitas seperti pengguna aibon, narkoba, lansia dan disabilitas.

“Kami sudah berkoordinasi dengan penyandang masalah kegiatan sosial (PMKS). Masih butuh perbaikan. Sudah dikomunikasikan dengan Dinas PU dan BPPAKB Kota Jayapura juga. Tahun ini semoga sudah selesai perbaikan asrama Port Numbay ini,” kata Irawadi.

Sebanyak 168 anak-anak jalanan baik dari anak-anak aibon dan narkoba di Kota Jayapura diberikan pendampingan agar menjadi orang yang berguna.

Pekerja Sosial di Kota Jayapura, Amoye Pekey mengatakan anak-anak aibon, pecandu narkoba, dan yang hidup di jalan membutuhkan rumah rehabilitas.

“Rumah rehabilitasi yang saat ini diperlukan anak-anak yang hidup di jalan tanpa adanya perhatian dari keluarga,” kata Amoye.

Nantinya, kata Amoye, rumah rehabilitas ini digunakan sebagai kelas pembinaan seperti pembinaan mental, terapi kesehatan dan rohani.

“Setiap satu pelajaran satu jam. Kalau sudah tiga bulan dikembalikan ke orang tuanya masing-masing Kami hanya membantu proses penanganan. Semua ini kami lakukan demi kemuliaan Tuhan,” kata Amoye.