Pasific Pos.com
Papua Selatan

Operasi Massal Digelar

MERAUKE,ARAFURA,- Untuk kedua kalinya, Rumah Sakit (RS) Bunda Pengharapan Merauke melakukan operasi masal bibir sumbing dan operasi celah langit-langit yang berlubang terhadap masyarakat Merauke. Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RS Bunda Pengharapan.

“Sebanyak 16 orang yang dilakukan operasi, 4 orang merupakan pasien lanjutan yaitu operasi celah langit-langit dan 12 orang merupakan pasien baru. Operasinya ini semuanya dilakukan secara gratis. Sebenarnya, kami menginginkan sebanyak-banyak tetapi tidak ada tempat,”ungkap Direktur RS Bunda Pengharapan Merauke, dr. Robert Kwaria kepada ARAFURA News di RS Bunda Pengharapan , Jumat (23/2) lalu.

Ia menjelaskan, untuk proses penyembuhan tergantung keadaan pasien. Tetapi pasien disarankan untuk tidak makan-makanan yang panas dan pedas, karena takutnya benangnya akan lepas. Faktor terjadinya orang terlahir bibir sumbing yakni faktor turunan, nikah pada usia tua kemungkinan lahir cacat semakin besar dan kurang gizi juga sebagai salah satu faktor anak terlahir dengan bibir sumbing.

Ia berharap, pasien bisa kembali tersenyum dengan lebar dan lebih percaya diri dari sebelumnya. “Saya berharap kegiatan seperti ini juga akan terus kita lakukan, dan kedepan akan lebih banyak lagi pasien yang kita operasi, karena dengan membuat pasien bisa senyum lagi merupakan perbuatan yang baik,”ungkapnya.

Menurutnya, para pasien dan keluarga pasien sangat antusias dengan adanya operasi masal bibir sumbing. Terlihat dari mereka yang datang tepat waktu mulai tahap pertama hingga waktu operasi. “Untuk pemberitahuan terkait kegiatan ini kita informasikan di tempat-tempat ibadah baik di gereja, masjid maupun sekolah,”tukasnya.**