Pasific Pos.com
Sosial & Politik

OMTOB Raih 33,16 Persen Suara di 18 PPD

 

TIMIKA, – Pasangan Petahana Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (OMTOB) memperoleh suara sebanyak 60.629 atau 33,16 persen dari 18 Distrik di Kabupaten Mimika.

“Berdasarkan laporan dari Tim Pemenangan OMTOB yang sudah mengumpulkan hasil pleno rekapitulasi perhitungan suara dari 18 PPD, OMTOB unggul dengan perolehan suara sebanyak 60.629 dari total suara sah sebanyak 182.812,” kata John di Timika, Senin (9/7) malam.

Dijelaskannya pula, peraih suara terbanyak kedua adalah pasangan calon nomor urut 4 Hans Magal-Abdul Muis (HAM) yang meraih suara sebanyak 55.248 dan paslon nomor urut 3 Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra (MUSA) dengan perolehan suara sebanyak 31.217.

“Sementara untuk paslon nomor urut 1 Petrus Yanwarin-Alpius Edoway (PETRALED) meraih suara sebanyak 5.508, paslon nomor urut 2 Robertus Waropea-Albert Bolang (RnB) dengan perolehan 15.736 suara, paslon nomor urut 5 Maria Florida Kotorok-Yustus Way (MARIUS) meraih 1.727 suara, dan paslon nomor urut 7 Philipus Wakerkwa-H Basri (PHILBAS) memperoleh suara sebanyak 12.747,” kata John menjelaskan.

Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat PPD di 650 TPS dari 18 PPD di Kabupaten Mimika terkumpul total suara sah sebanyak 182.812 dari total DPT sebanyak 233.125 pemilih.

“Dengan hasil tersebut kami pasangan OMTOB sudah tahu kalau kami menang dan tinggal menunggu pleno dari KPUD Mimika. Jadi tinggal menunggu ketok palu saja,” kata John.

Semestinya, kata John, pleno rekapitulasi perhitungan suara oleh KPUD tidak akan lama karena data dari tingkat PPD sudah dikantongi oleh masing-masing saksi paslon dan Pengawas Pemilu tingkat distrik.

“Jumlah ini seharusnya tidak berubah lagi karena sudah ada data hasil rekapitulasi di tingkat distrik yang dipegang oleh masing-masing saksi paslon dan panwas distrik. Plenonya pun seharusnya tidak berlangsung lama karena tinggal mencocokkan perolehan suara, karena perdebatan sudah selesai di tingkat distrik atau PPD,” kata John berharap.

John mengakui jika perolehan suara OMTOB jauh dari target tim pemenangan yakni sebanyak 80 ribu suara. Namun, kata dia, perolehan suara ini berkat dukungan dari warga Kabupaten Mimika dan hasil kerja keras tim pemenangan yang melalui proses yang tidak mudah dari awal pendaftaran.