Pasific Pos.com
Papua Barat

Oktober Tahun Ini Ada Nikah Massal di Manokwari

ManokwariTP – Pemerintah Kabupaten Manokwari melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pada Oktober tahun ini akan melaksanakan nikah missal secara gratis.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menargetkan setiap distrik dapat mengirimkan 20 pasangan untuk mengikuti nikah missal tersebut.

Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Manokwari, Harry Ramandey kepada wartawan di RSUD Manokwari, Rabu (4/7) mengungkapkan, nikah massal dilaksanakan setiap tahun oleh Pemkab Manokwari. “Tahun ini setiap distrik ditargetkan 20 pasangan. Harapannya mereka semua bisa ikut pada Oktober nanti,” ujarnya.

Nikah massal, kata dia, dilaksanakan karena masyarakat yang mau mengurus akta kelahiran harus menikah di catatan sipil. Oleh karena itu, diharapkan peran aktif dari kepala distrik, tokoh masyarakat, dan tokoh agama untuk menyosialisasikan program ini.

“Tim dari dispenduk sudah melaksanakan sosialisasi ke distrik dan pelayanan ini akan terus dilaksanakan,” sebutnya.

Dirinya menambahkan, untuk pasangan di luar nikah, proses pembuatan akta kelahiran syarat utamanya nikah gereja atau catatan sipil. Namun pemerintah tidak menutup kemungkinan memproses akta kelahiran anak karena anak yang lahir butuh akta kelahiran.

“Kalau tidak, akan sulit memperoleh pelayanan publik,” tukasnya.

Disebutkannya pula bahwa sesuai aturan yang berlaku, pasangan yang belum nikah gereja bisa menikah di catatan sipil, asalkan membuat surat pernyataan mutlak agar  anak yang orangtuanya belum menikah bisa dibuatkan akta kelahirannya di dispendukcapil.[CR44-R3]