Pasific Pos.com
Headline

ODP dan PDP Covid-19 di Papua Terus Meningkat

Satgas Covid-19 Papua Siapkan Pesawat
Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule

JAYAPURA – Dalam dua hari ini, tidak ada kasus pasien positif baru COVID-19 di Provinsi Papua. Dalam laparan Satgas Covid-19 pukul 17.30 wit, jumlah positif corona sebanyak 240 kasus dengan jumlah pasien yang masih dirawat 173 orang, sembuh 60 orang dan meninggal 7 orang.

Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 2.366 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 338 dan pemeriksaan laboratorium atau Polymerase Chain Reaction (PCR) sebanyak 1.266 sampel.

Demikian disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, dalam keterangan persnya, Senin malam.

dr. Sumule mengatakan, jika angka kasus positif tidak meningkat, namun jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus meningkat.

Dimana, PDP saat ini berjumlah 338 orang atau meningkat 41 orang per hari ini dan ada tambahan ODP sebanyak 241 orang menjadi 2.366 orang.

“Mulai sekarang Satgas Covid Papua akan mengumumkan jumlah rincian PDP dan ODP per kabupaten/kota agar seluruh pemerintah daerah memberikan perhatian ekstra terhadap PDP dan ODP tersebut,” kata dr. Sumule.

Dikatakan orang berstatus ODP ada peningkatan 214 orang pada hari ini (Senin-red). Dimana, Kota Jayapura sebanyak 38 orang, Kabupaten Dogiay 2 orang, Nduga 3 orang, Yahukimo 1 orang, Asmat 1 orang, Mappi 1 orang, mimika 155 orang, merauke 7 orang dan Paniai 4 orang.

Kemudian, ada penambahan PDP sebanyak 41 orang dengan rincian, Kota Jayapura 15 orang, kabupaten Keerom 20 orang, Yahukimo 3 orang, Asmat 1 orang, Nabire 1 orang dan Merauke 1 orang.

“Kita ingin sampaikan data ini agar pemerintah daerah di kabupaten/kota dapat memberikan perhatian kepada warga yang berstatus PDP maupun ODP, apakah akan isoliasi secara mandiri atau lakukan pemeriksaan rapid test,” katanya.

Adapun kabupaten/kota yang berdampak Covid-19 adalah, Kabupaten Mimika sebanyak 87 kasus positif, 71 orang dalam perawatan, 13 orang dinyatakan sembuh dan 3 orang meninggal dunia.

Kota Jayapura 51 pasien positif dengan 27 orang dirawat. Kemudian pasien sembuh di Kota Jayapura sebanyak 21 orang dan meninggal sebanyak 3 orang.

Kabupaten Jayapura 38 pasien positif, 27 orang dirawat, 10 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia.

Kabupaten Nabire 16 kasus positif dan semuanya dalam perawatan. Kabupaten Merauke, 13 kasus positif, 5 masih dalam perawatan dan 8 dinyatakan sembuh.

Kabupaten Biak Numfor 11 kasus dan kesemuanya sementara dalam perawatan. Kabupaten Keerom jumlah positif 11 kasus positif, dimana 9 orang sedang dalam perawatan dan 2 orang sudah dinyatakan sembuh.

Kabupaten Sarmi 4 pasien positif dimana 1 orang dirawat dan 3 orang sudah dinyatakan sembuh. Kabupaten Jayawijaya terdapat 3 kasus dan 1 dirawat sembuh 2, Kabupaten Mamberamo Tengah ada 2 kasus dan 1 dirawat dan 1 sembuh.

Kabupaten Boven Digoel 2 kasus dan dirawat di RSUD Merauke. Kabupaten Supiori juga ditemukan 2 kasus positif dan semunya saat ini sudah ditujuk ke RS Biak Numfor.

Artikel Terkait

Papua luncurkan RT/RW Tangguh COVID-19

Bams

Menkes : Papua Hebat, Mampu Tekan Angka Kematian Akibat Covid-19

Bams

Doni Monardo Bangga Dengan Klub Persipura

Bams

Pemprov Papua Kembali Perpanjang Masa Relaksasi Hingga 31 Juli

Tiara

Sempat Jadi Zona Hijau, Merauke dan Supiori Kini Jadi Zona Merah

Bams

Masih Ada Pedagang Yang Tidak Menggunakan Kartu Tanda Pengenal

Fani

Tiga Kabupaten di Papua “Zero” COVID-19

Bams

Pasien Sembuh Covid-19 di Papua Meningkat, Kasus Meninggal jadi 18 orang

Bams

Pemprov Papua Apresiasi Kinerja Tim Covid-19

Bams